9 September 1948, Kota Solo Jadi Saksi Pekan Olahraga Nasional Pertama

By Galih Pranata, Kamis, 9 September 2021 | 19:03 WIB
Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional I di Stadion Maladi, Solo pada 9 September 1948. (Tropenmuseum)

Nationalgeographic.co.id—Setiap 9 September selalu diperingati sebagai HAORNAS atau Hari Olahraga Nasional. Momentum ini menjadi momen yang bersejarah. Untuk pertama kalinya, Pekan Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan pada 1948.

Mulanya, pada awal kemerdekaan dibentuk komite yang dinamakan Persatuan Olahraga Indonesia (PORI—sekarang menjadi KONI) pada 1946. Salah satu tujuan dibentuknya ialah mengusung Indonesia agar maju di bidang olahraga. Oleh karena itu, para atlet Indonesia disiapkan untuk berlaga di kancah internasional dengan mengikuti Olimpiade Musim Panas XIV London pada 1948.

Adanya kendala teknis, membuat tim merah putih gagal terbang ke London. Nampaknya, PORI belum terdaftar sebagai anggota IOC atau Internasional Olympic Committee. Belum lagi, status Indonesia sebagai negara berdaulat, dianggap belum jelas, karena masih adanya bayang-bayang penjajahan Belanda, yang kembali ke Indonesia pasca merdeka.

Hal tersebut membuat para atlet nasional patah arang karena tak bisa bertanding. Apalagi, saat itu Indonesia tengah butuh pengakuan dunia, olimpiade bertaraf internasional dapat menjadi momentum berharga.