Sains Terbaru: Ukuran Pupil Bisa Jadi Menunjukkan Kecerdasan Kita

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 14 September 2021 | 17:30 WIB
Lewat membaca mata, kita bisa mengetahui kondisi emosi seseorang. Seperti apa hubungan pupil mata dengan otak kita? (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Pupil bertanggung jawab menjadi 'portal' cahaya untuk dilanjutkan ke retina pada indera pengelihatan kita. Bagian kecil di tengah-tengah mata kita ini akan secara otomatis mengecil dan membesar tergantung pada intensitas cahaya yang masuk.

Berkat pupil, kita bisa melihat bentuk visual dengan baik di hadapan mata kita, dan kita ketergantungan dengannya. Mulai dari membaca buku, menonton film, hingga melihat tulisan di papan tulis kelas, pupil menjadi 'jembatan' untuk mendatangkan kecerdasan pada kita.

Peran 'jembatan' inilah yang membuat para ilmuwan bertanya-tanya: adakah hubungan antara pupil dengan otak kita terkait kecerdasan?

Randall W Engle, peneliti psikologi Georgia Institute of Technology, melalui penelitian pracetaknya bersama Jason Tsukahara tahun 2020 di PsyArXiv ingin mengetahui hubungannya. Penelitian itu berjudul The locus coeruleus-norepinephrine system and fluid intelligence.