Bagaimana Dampak Bahaya Merokok Ganja terhadap Bayi dan Ibu Hamil?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 13 September 2021 | 17:27 WIB
Ganja memang memiliki bahaya yang sedikit, dan ada manfaatnya. Tetapi bukan berarti 100 persen aman. Ternyata ada dampak pada bayi baru lahir dan ibu hamil. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Semakin kita memahami ganja, memang tanaman ini memiliki khasiat dan sedikit bahaya yang terkandung. Tetapi bukan berarti 100 persen aman digunakan, terutama jika memiliki bahan kimia campuran.

Salah satu dampaknya diamati oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan 15 Juni 2020 lalu di Medical Journal of Australia. Para peneliti menemukan, menghisap ganja selama kehamilan bisa menyebabkan masalah neonatal pada janin.

Makalah itu berjudul The deleterious effects of cannabis during pregnancy on neonatal outcomes, yang temuannya muncul setelah melakukan survey pada 5628 wanita hamil di Australia, Selandia Baru, Irlandia, dan Inggris.

Studi ini menjadi kumpulan laporan penyelidikan hubungan antara penggunaan ganja dan komplikasi kehamilan. Para responden ini juga memiliki beragam informasi demografis, karakteristik gaya hidup, dan riwayat medis yang dikumpulkan oleh bidan setempat.