Tupai Tanah Bermantel Emas, Pola Perilaku Cerdas Menyiasati Ekosistem

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 14 September 2021 | 16:00 WIB
Tupai tanah bermantel emas (Callospermophilus lateralis) duduk di atas batu makan makanan dekat Danau Almanor Barat di Danau Almanor, Plumas County, California. (Frank Schulenburg)

Nationalgeographic.co.id-Manusia bukan satu-satunya mahluk hidup dengan kepribadian unik. Ciri-ciri individu, temperamen, dan gaya hidup telah diamati di antara berbagai macam hewan yang sangat beragam, termasuk anemon laut, ikan, burung, mamalia, laba-laba, dan kadal. Faktanya, ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa kepribadian unik ada di seluruh kerajaan hewan.

Tupai, tampaknya, tidak terkecuali. Selama tiga tahun penelitian tupai tanah emas (Callospermophilus lateralis) di Pegunungan Rocky, mereka telah mengungkapkan empat ciri kepribadian utama. Temuan ciri kepribadian itu adalah keberanian, agresivitas, tingkat aktivitas, dan kemampuan bersosialisasi.

Ciri-ciri ini juga terlihat di antara tupai tanah lainnya, seperti marmut perut kuning (Marmota flaviventer), tupai siberia (Tamias sibiricus), dan tupai tanah belding (Urocitellus beldingi). Mereka tampaknya memiliki kemampuan tinggi dalam penyesuaian terhadap lingkungan, bagaimana individu memilih ceruk ekologisnya dan menggunakan sumber dayanya.