Satwa Langka Lumba-lumba Air Tawar Terlihat di Kalimantan Barat

By Fadhil Ramadhan, Selasa, 28 September 2021 | 16:00 WIB
Pesut terdaftar sebagai sebagai spesies yang sangat terancam punah. (USAID Indonesia)

Nationalgeographic.co.id–Kalimantan terkenal dengan hutan tropis-nya yang lebat, juga kaya akan keragaman fauna-nya. Spesies lumba-lumba air tawar (Orcaella brevirostris) telah ditemukan untuk pertama kalinya di Kalimantan Barat. Lumba-lumba air tawar disebut juga Irrawaddy Dolphin atau Pesut Mahakam

Pesut memiliki bentuk yang terlihat mungil dan menggemaskan. Dengan populasi global sekitar 6.000 individu, pesut ditemukan di banyak muara dan kawasan bakau di Asia Tenggara. Namun Berdasarkan data tahun 2018, populasi hewan ini tinggal 80 ekor saja di perairan sungai-sungai di Kalimantan.

Pesut diklasifikasikan sebagai satwa yang rentan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Melansir dari Nature Creatures, spesies ini terdaftar sebagai spesies yang rentan berdasarkan IUCN. Akan tetapi, di beberapa sungai di Asia Tenggara seperti Sungai Mekong dan Sungai Ayeyawardi di daratan Asia Tenggara; dan Sungai Mahakam di Kalimantan Timur, Indonesia, spesies ini terdaftar sebagai spesies terancam punah.