Inilah Kisah Keluarga 'Crazy Rich Hindia-Belanda' Periode 1890-1937

By Galih Pranata, Sabtu, 18 September 2021 | 09:00 WIB
Potret pasangan kaya raya, Johanna Bezoet de Bie dan Alexander MacNeill. (G. Roger Knight/Archipel)

Nationalgeographic.co.id—Alexander MacNeill dan Johanna Bezoet de Bie merupakan sepasang kreol yang sukses di Hindia-Belanda. Mereka telah memulai peruntungannya di Hindia-Belanda sejak MacNeill memegang jabatan administrateur atau general manager di perusahaan industri gula. Mereka menikah di Den Haag dan membangun keluarga disana, sebelum akhirnya pindah ke Hindia-Belanda pada awal tahun 1890-an.

Keduanya merupakan pengusaha terkaya di zamannya. Mereka memiliki julukan di Hindia-Belanda Toean Besar dan Njonja Besar, utamanya bagi para pegawainya. Mereka memiliki perusahaan raksasa yang bergerak diindustri gula Jawa, hingga dipasarkan ke luar negeri. Banyaknya ekspor yang dilakukan, membuat mereka dikenal luas.

Sebelum MacNeill menikahi Bezoet de Bie pada tahun 1897, ia telah mendalami dengan bekerja di industri ini selama sekitar tujuh tahun. Kemampuannya tidak diragukan lagi, saat ia mulai mengikuti jejak pamannya, John Couperus. Ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya untuk bekerja di pabrik gula di Oosthoek.