Gabrielle Berlatier, Perempuan yang Menerima Kuping Pelukis Van Gogh

By National Geographic Indonesia, Senin, 20 September 2021 | 23:15 WIB
La Mousmé juga dikenal sebagai La Mousmé, duduk di kursi. Lukisan oleh Vincent van Gogh pada 1888 saat tinggal di Arles. Kini, peneliti mengungkap jati dirinya. (National Gallery of Art, Washington DC)

Nationalgeographic.co.id—Gadis yang dilukis dalam 'La Mousmé' karya Van Gogh sekarang memiliki identitas: dia adalah Gabrielle Berlatier, wanita muda yang diberi telinga kiri oleh pelukis itu. Sejauh ini, sebenarnya, tidak ada yang mengidentifikasi siapa gadis di potret itu. Dan sekarang para peneliti Antonio De Robertis dan Alan Zamboni, spesialis dalam kehidupan dan karya Van Gogh, mengungkapkannya.

Beberapa hari setelah penemuan Martin Bailey yang menelusuri dokumen akses ke Institut Pasteur, berhasil memberi nama kepada gadis yang telah diberi telinga oleh Van Gogh. Temuan itu diterbitkan di jurnal The Art Newspaper, yang mengungkap fakta bahwa Vincent Van Gogh memberikan potongan telinganya kepada seorang perempuan muda bernama Gabrielle Berlatier.

Nama lengkap perempuan itu sebelumnya tidak disebutkan penulis Bernadette Murphy dalam buku terbaru tentang sang pelukis tersebut yang berjudul Van Gogh's Ear: The True Story. Pasalnya, Murphy mengaku sudah berjanji kepada keturunan perempuan tersebut untuk menjaga kerahasiaan namanya. Namun, setelah buku itu terbit, The Art Newspaper menindaklanjuti rincian dalam buku itu dan menemukan nama lengkap perempuan desa itu.