Cacing Tanpa Telinga, Tetapi Mampu Merespons Suara Melalui Kulitnya

By Wawan Setiawan, Sabtu, 25 September 2021 | 14:00 WIB
Penelitian baru mengungkapkan bahwa cacing gelang C. elegans dapat merasakan suara meski tidak memiliki telinga. (Queensland Brain Institute )

Nationalgeographic.co.id—Caenorhabditis Elegans, adalah spesies cacing gelang yang diyakini memiliki tiga indera utama, yaitu penciuman, sentuhan, dan perasa. Akan tetapi, ia tidak memiliki mata dan organ telinga. Meskipun begitu, ia dapat merasakan cahaya serta postur tubuh mereka saat bergerak. Walaupun tidak mempunyai telinga, spesies ini juga mampu merasakan gelombang suara.

Hal ini menawarkan kepada para ilmuwan untuk dapat mempelajari sensasi pendengaran. Melalui sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Michigan Life Sciences Institute, menemukan bahwa cacing tersebut dapat merasakan dan merespons suara.

Dilansir dari Tech Explorist, Shawn Xu di Life Sciences Institute berkata, “Hanya ada satu indera utama yang hilang—sensasi pendengaran, atau pendengaran. Tetapi pendengaran tidak seperti indera lainnya, yang ditemukan secara luas di seluruh filum hewan lainnya.”