Analisis DNA Kuno Mengungkap Asal Usul Tripartit Orang Jepang Modern

By Ricky Jenihansen, Senin, 27 September 2021 | 19:00 WIB
Para peneliti mengekstraksi DNA dari tengkorak manusia Jomon. (Shigeki Nakagome)

Sebuah laporan penelitian di jurnal Science Advances oleh para ilmuwan dari Jepang dan Irlandia mengungkapkan asal usul tripartit orang Jepang modern saat ini. Penelitian tersebut menganalisis DNA kuno dari 17 orang Jepang kuno dan membandingkannya dengan data genom orang Jepang modern.

Kepulauan Jepang, yang telah dihuni oleh manusia setidaknya selama 38.000 tahun, mengalami transformasi cepat dalam 3.000 tahun terakhir. Awalnya dari mencari makan menjadi pertanian padi basah dan kemudian membentuk negara. Sebuah hipotesis lama menunjukkan bahwa populasi daratan Jepang berasal dari nenek moyang ganda dari penduduk asli Jomon pemburu-pengumpul-nelayan, yang mendiami kepulauan Jepang dari sekitar 16.000 hingga 3.000 tahun yang lalu. Selanjutnya, ada petani Yayoi yang berhasil, yang bermigrasi dari benua Asia dan tinggal di Jepang dari sekitar 900 SM hingga 300 M.

Pada penelitian baru ini, para peneliti mengidentifikasi masuknya keturunan Asia Timur kemudian selama periode kekaisaran Kofun, yang berlangsung dari sekitar 300 hingga 700 M dan yang melihat munculnya sentralisasi politik di Jepang.