Gawat, Kecerahan Bumi Kini Menurun Akibat Adanya Pemanasan Laut

By Wawan Setiawan, Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Bumi adalah planet yang paling cerah. Studi baru ilmuwan menemukan bahwa kecerahan Bumi kini menurun seiring dengan adanya pemanasan laut. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Bumi adalah planet yang paling cerah jika dilihat dari luar angkasa. Banyak sekali foto-foto yang sudah dipublikasikan menunjukkan kecerahan Bumi dengan warna birunya yang khas. Namun, sebuah studi baru telah mengungkap kekhawatiran terhadap kecerahan Bumi.

Diketahui bahwa Bumi memantulkan sekitar 30 persen sinar matahari yang menyinarinya. Kecerahan bumi atau biasa disebut dengan albedo adalah cahaya yang tampak menerangi bagian bulan yang tidak terang karena cahaya Matahari memantul dari permukaan Bumi dan kembali lagi ke Bulan. Peristiwa ini merupakan refleksi difus sinar matahari dari Bumi, yang albedonya dapat diukur.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal AGU Geophysical Research Letters pada 29 Agustus 2021 berjudul Earth's Albedo 1998–2017 as Measured From Earthshine, melaporkan bahwa pemanasan laut telah menyebabkan penurunan kecerahan bumi yang signifikan, setara dengan 0,5% penurunan reflektansi bumi.