Selidik Fosil: Bukti Kura-Kura Purba Pernah Hidup Tanpa Tempurung

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Ini adalah Fosil kura-kura Eorhynchochelys. Kerangka yang hampir lengkap mengungkapkan sejarah awal kura-kura yang kompleks. (Nick Fraser, Museum Nasional Skotlandia)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan telah menemukan bukti baru yang menegaskan bahwa kura-kura pernah hidup tanpa tempurung. Fosil yang hampir lengkap berasal dari 228 juta tahun yang lalu dan lebih besar dari tempat tidur dua orang.

Penemuan fosil kura-kura tanpa tempurung itu ditemukan di provinsi Guizhou di barat daya Cina. "Ini terlihat seperti kura-kura tapi tanpa tempurung di bagian bawah dan atas tubuhnya. Hewan ini memiliki penyangga untuk tempurung di bagian atas tapi tidak memiliki tempurung,” ujar Dr Nicholas Fraser, pakar ilmu alam di Museum Nasional Skotlandia di Edinburgh seperti dikutip BBC.

"Hewan ini memiliki tubuh yang sangat mirip paruh di bagian paling depan," kata Fraser.

Dikutip Inverse, reptil purba tersebut diberi nama Eorhynchochelys sinensis, pada dasarnya berarti "kura-kura pertama dengan paruh dari China," ditemukan oleh peneliti China Institute of Vertebrate Paleontology dan Paleoanthropology Chun Li, Ph.D, yang temuannya dipublikasikan di jurnal sains Nature.