Bee Gees: Disambut Para Pemuja Disko, Disepelekan Pemuja Antidisko

By Fikri Muhammad, Senin, 18 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Kakak tertua, Gibb berusaha mengingat pengalaman lengkap Bee Gees. Sayang rekan satu band sekaligus saudara yang lebih muda, Robin dan Maurice tidak ada lagi di sini untuk cerita. Maurice meninggal pada 2003 setelah komplikasi dari operasi dan Robin meninggal pada 2012 karena kanker. (VULTURE)

Nationalgeographic.co.id—Pembukaan film Saturday Night Fever adalah kekuatan budaya dengan iringan lagu Staying Alive oleh trio Gibb bersaudara. Setelan jas, lantai dansa yang menyala, dan John Travolta yang bergerak satu pinggul terangkat bersama jari telunjuk mengarah ke surga. Bee Gees menjadi, dan tetap identik dengan popularitas utama disko pada akhir 1977. 

Tapi soal bakat dan pengaruh mereka jauh lebih besar ketimbang citra sebagai raja disko. Seperti yang ditunjukkan oleh film dokumenter HBO, The Bee Gees: How Can You Mend a Broken Heart

Kakak tertua, Gibb berusaha mengingat pengalaman lengkap Bee Gees. Sayang rekan satu band sekaligus saudara yang lebih muda, Robin dan Maurice tidak ada lagi di sini untuk cerita. Maurice meninggal pada 2003 setelah komplikasi dari operasi dan Robin meninggal pada 2012 karena kanker.