Makna Tersingkapnya Usia Lukisan Dinding Gua Maros

By , Jumat, 10 Oktober 2014 | 15:11 WIB

Kerja sama riset antara Pusat Arkeologi Nasional, Balai Arkeologi Makassar, Balai Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Makassar, Universitas Wollongong dan Universitas Griffith Australia pada sepanjang 2011-2013, telah menyingkap mengenai umur “lukisan dinding gua” di Sulawesi Selatan.

Kini diketahui kepastian umur lukisan-lukisan di dinding gua karst Maros, Pangkajene, dan Kepulauan.

Dari hasil penanggalan dengan metode uranium terhadap lukisan dinding gua —berupa 12 gambar cap tangan manusia dan 2 gambar figur hewan— pada 7 situs arkeologi di Maros tersebut ditunjukkan, umur yang tak jauh berbeda dengan yang sudah ditemukan di Situs El Castillo, Spanyol, yaitu minimal sekitar 40.000 tahun lampau.

Hal ini memberikan gambaran bahwa manusia modern, Homo sapiens, awal yang telah menghuni kawasan Sulawesi Selatan telah mengenal seni cadas (cave rock art). Tradisi ini terjadi pada waktu yang hampir bersamaan sebagaimana yang ada di Eropa.

Seni cadas di salah satu dinding gua Maros, Sulawesi Selatan.

Makalah penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah prestisius Nature pada 9 Oktober 2014.

Penelitian awal

Informasi awal mengenai arkeologi di Sulawesi diperoleh dari dua naturalis bersaudara asal Swiss, yaitu Fritz Sarasin dan Paul Sarasin, yang melakukan penggalian di beberapa situs gua karst yang tersebar di Sulawesi Selatan pada tahun 1920-an.

Pada 1933 dan 1937, HR van Heekeren melakukan penggalian di Leang Karrasa, Maros.

Namun demikian, informasi mengenai keberadaan lukisan dinding gua baru ditemukan oleh HR van Heekeren dan CHM Heeren-Palm pada 1950-an, di Leang Pettae sertaLeang Burung, Maros.

Sejak saat penemuan itu belum diketahui pasti mengenai umur dari lukisan dinding gua tersebut.

Berdasarkan data yang ada, sejauh ini para arkeolog di dunia beranggapan bahwa lukisan dinding gua muncul pertama kali di Eropa. Hal itu didukung oleh penemuan lukisan sederhana (non-figurative) di situs El Castillo, Spanyol yang berumur sekitar 41.000 tahun yang lalu.!break!

Implikasi besar

Lalu, apa yang dapat disimpulkan setelah tersingkapnya umur lukisan dinding gua di Maros itu?