Konversi Kendaraan Klasik dari Bensin ke Listrik Populer di Australia

By Fikri Muhammad, Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Konversi kendaraan listrik dapat menghembuskan kehidupan baru ke model mobil lama yang dicintai. (Ken Macken)

Nationalgeographic.co.id—Ken Macken pergi ke Western Downs, Queensland, Australia untuk membeli Datsun berusia 40 tahun pada musim dingin. Kemudian pada musim semi tiba, ia mengubah clunker retro itu menjadi kendaraan listrik yang mampu melonjak hingga 100 kilometer per jam dalam kurun waktu kurang dari enam detik (sesuatu yang tidak bisa dicapai dalam versi bensin).

Dia menjuluki mobil listrik barunya itu sebagai "Dasla".

"Ada banyak orang di luar sana yang menyukai mobil klasik mereka, tetapi tidak menginginkan masalah mesin pembakaran," katanya di laman ABC.NET. "Mobil lama terlihat cantik dan mobil baru semuanya terlihat sama," tambahnya. 

Dari garasi pinggiran kota hingga bengkel profesional di Australia. Orang-orang melepas motor bensin dan diesel. Mereka memasang bank baterai lithium-ion dan motor listrik bertenaga. Meskipun tidak murah, konversi kendaraan listrik atau "electro modding" ini sedang booming popularitasnya. 

Ini adalah cara untuk menghirup kehidupan baru pada model lama yang dicintai, cara mereka memiliki mobil klasik tanpa asap dan kerusakan. Beberapa menantikan saat di mana koncersi dilakukan dengan murah dan dalam skala massal.