Penemuan Selokan Tempat Puluhan Orang Yahudi Bersembunyi dari Nazi

By Utomo Priyambodo, Senin, 1 November 2021 | 09:12 WIB
Saluran pembungan air di Lviv memiliki ruangan sisa yang jadi tempat persembunyian orang-orang Yahudi yang lari dari Nazi. (Explorer/Zaxid)

Nationalgeographic.co.id—Selama Perang Dunia II, banyak orang Yahudi yang melarikan diri dari Nazi dengan bersembunyi di selokan Kota Lviv, Ukraina. Kejadian itu telah menjadi cerita yang diketahui banyak orang Ukraina maupun publik internasional.

Namun lokasi persembunyian bawah tanah itu tetap tidak diketahui sampai baru-baru ini. Sekelompok arkeolog yang terinspirasi oleh film Polandia 2011 tentang kisah persembunyian itu berhasil menemukan saluran pembuangan air bawah tanah tersebut. Dahulu setidaknya ada 20 orang Yahudi yang tinggal --dan banyak lainnya meninggal-- di tempat itu dalam kondisi yang mengerikan.

Saluran bawah air itu berada di Cathedral Square. Para peneliti menemukan selokan yang terutup itu tidak hanya menampung banyak orang, tetapi juga sejumlah barang-barang peninggalan waktu, termasuk botol bir dari masa pendudukan Nazi dan mainan yang kemungkinan disediakan oleh salah satu penduduk setempat untuk membantu orang-orang Yahudi bersembunyi di sana.