Cerita Evolusi Kita: Kenapa Berpolitik dan Mencari Sistem yang Ideal?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 3 November 2021 | 11:00 WIB
Sidang Keamanan PBB membahas tentang penguatan kerjasama antar negara dengan cara yang politis. Mengapa manusia melakukan dan terus menerka-nerka sistem politik yang ideal, adalah salah satu cerita evolusi kita. (KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI)

Nationalgeographic.co.id - Filsuf Yunani kuno Aristoteles telah lama memikirkan konsep politik yang ideal bagi umat manusia. Lewat buku Politik, ia merumuskan konstitusi dan sistem tata negara dan menjabarkan bentuknya dari berbagai polis (negara kota) yang ada di Yunani kuno, untuk mengidentifikasi mana bentuk negara yang ideal dan mana yang tidak.

Sebelum Aristoteles, Plato yang menulis pandangan Socrates juga memandang negara yang ideal bukanlah menganut demokrasi. Sebuah sistem politik yang dianut banyak negara saat ini. Tulisan pandangan itu didapati Plato dari berdialog bersama Socrates lewat buku Republik atau yang diterjemahkan dalam beberapa negara sebagai The State.

Hingga saat ini, ahli politik hingga filsuf terus berdebat tentang konsep politik yang ideal. Semua gagasan saling berhadapan, diterapkan di beberapa negara, menghadapi konflik internal maupun eksternal, hingga kecenderungan arah suatu media massa di ranah sosial.