Rahasia Laba-laba Membuat Jaring, Ada Kesamaan Kode di Otak Mereka

By Wawan Setiawan, Kamis, 4 November 2021 | 09:00 WIB
Seekor laba-laba bekerja di jaringnya saat embun pagi menyoroti untaian tipis jaring sutra. (UWE ZUCCHI)

Nationalgeographic.co.id—Laba-laba adalah makhluk yang sangat unik dan menarik. Terutama dengan jaring sarang laba-laba yang mereka buat. Telah banyak para ilmuwan yang menaruh minatnya terhadap jaring laba-laba yang luar biasa ini.

Anda pasti setuju, jika kita bilang bahwa laba-laba adalah pembangun yang ahli menenun untaian sutra menjadi jaring yang rumit. Laba-laba membuat jaringnya dari sutra, serat alami yang terbuat dari protein. Namun, dengan keahliannya, mereka menenun jaring tersebut menjadi sebuah sarang yang sekaligus sebagai jebakan dalam mencari mangsa.

Peneliti dari Universitas Johns Hopkins dalam studi barunya menemukan dengan tepat bagaimana laba-laba membangun jaring dengan menggunakan penglihatan malam dan kecerdasan buatan untuk melacak dan merekam setiap gerakan kedelapan kakinya saat laba-laba bekerja dalam gelap.

Kreasi mereka tentang buku pedoman atau algoritme pembuatan jaring membawa pemahaman baru tentang bagaimana makhluk dengan otak berukuran kecil dari manusia mampu menciptakan struktur yang sedemikian elegan, rumit, dan presisi geometris.