Frank Fiegel, Tokoh Nyata yang Menginspirasi Serial Kartun Popeye

By Galih Pranata, Sabtu, 6 November 2021 | 14:00 WIB
Potret Seorang Stoker Terkemuka yang dijuluki “Popeye” dari inggris karena kemiripannya dengan Popeye. (Snopes/IWM)

Nationalgeographic.co.id—Siapa sangka, jika Popeye sebenarnya dibuat berdasarkan pada orang yang nyata. Tak hanya bentuk fisiknya, karakteristiknya juga sangat mirip dengan yang dibuat dalam karakter kartun, Popeye!

Popeye adalah kartun lawas yang ada sejak awal abad ke-20. "Kartunis E.C. Segar menciptakan Popeye the Sailor pada tahun 1919 setelah mengambil kursus korespondensi menggambar dari seorang pria di Cleveland," tulis Evon.

Dan Evon menulisnya kepada Snopes, dalam artikelnya yang berjudul Was Frank ‘Rocky’ Fiegel the Inspiration for ‘Popeye’? yang dipublikasi pada tahun 2019. Tulisannya berkisah tentang awal mula terciptanya serial kartun Popeye.

Evon menulis, E.C. Segar menyatakan bahwa karakter Popeye terinspirasi oleh penduduk kota, benama Frank Fiegel. "Klaim bahwa Fiegel adalah inspirasi untuk "Popeye" sebagian besar akurat," imbuh Evon.

"Karakterisasi Popeye, misalnya, dapat ditemukan dalam tampilan dan kepribadian Fiegel, yang memiliki dagu yang kuat, selalu merokok pipa, dan memiliki kecenderungan untuk berkelahi," tulis Evon.

Baca Juga: Perempuan Arab Penjaga Terusan Suez, Inspirasi Patung Liberty

Fred Grandinetti mengeksplorasi asal-usul karakter tersebut dalam bukunya berjudul Popeye: An Illustrated Cultural History. Dalam bukunya, ia menemukan bahwa penduduk lokal Chester, Illinois, (tempat pencipta Segar dibesarkan pada awal 1900-an) bernama Frank Fiegel, kemungkinan besar menjadi inspirasi bagi Segar.

"Frank Fiegel merupakan keturunan Polandia. Ia tinggal bersama ibunya di sebuah rumah dekat Pemakaman Evergreen," tulis Grandinetti. "Ia bertubuh tinggi, kuat, selalu siap bertarung dan selalu menjadi pemenang," imbuhnya.

"Rocky (panggilan Frank Fiegel) bekerja paruh waktu di salon George Gozney. Ketika dia menyelesaikan pekerjaannya, orang akan menjumpai dirinya meminum beberapa gelas bir, kemudian mengambil kursi di luar, duduk sendiri, memiringkan kursi ke belakang, menyalakan pipa di mulutnya, melanjutkan tidur siang di bawah sinar matahari," ungkapnya. 

"Rocky yang sedang tidur, selalu menjadi incaran bagi candaan anak-anak sekolah yang datang. Mereka akan merayap mendekat, berteriak keras, dan lari," kisahnya. "Rocky akan terbangun dengan kaget dan melompat dari kursinya, lengannya terayun-ayun, siap untuk berkelahi," tambahnya.

Potret Popeye (kiri) dengan Frank 'Rocky' Fiegel (kanan), merupakan tokoh nyata yang menginspirasi karakter Popeye. (Snopes)

"Namun, anak-anak sekolah tadi telah jauh meninggalkannya sambil tertawa," lanjutnya. Mengayunkan lengan adalah bagian favorit dari karakter Popeye saat dirinya hendak berkelahi dengan musuh bebuyutannya, Bluto.