Menguak Misteri Rasa Bosan, 6 Ilmuwan Isolasi 8 Bulan di Gunung Api

By Ricky Jenihansen, Rabu, 10 November 2021 | 08:00 WIB
Anggota kru HI-SEAS berpose untuk foto hari Minggu setelah delapan bulan hidup dalam isolasi di habitat mirip Mars di gunung berapi Mauna Loa, Big Island, Hawaii. (University of Hawaii via AP)

Nationalgeographic.co.id—Meskipun kebosanan adalah perasaan yang sama seperti kegembiraan atau ketakutan, tapi sains belum lama mulai memahami apa yang membuat orang menjadi bosan. Untuk mengungkap misteri rasa bosan, enam ilmuwan mencoba mempelajarinya dengan mengisolasi diri di gunung api Mauna Loa selama 8 bulan.

Penelitian itu sebagai bagian dari eksperimen HI-SEAS (Hawaii Space Exploration Analog and Simulation) yang menyimulasikan isolasi yang mungkin dapat dialami wisatawan ruang angkasa di masa depan untuk bepergian dan hidup di Mars, mereka mengatakan kebosanan adalah tantangan terbesar mereka.

James Danckert, Profesor ilmu saraf koginitif dari University of Waterloo di Ontario dalam sebuah wawancara dengan Livescience.com mengatakan kebosanan belum cukup dipahami selama ini hingga ini penting dipelajari karena pengalaman manusia memiliki konsekuensi untuk bagaimana berinteraksi dengan sesama kita dan lingkungan kita.

Halaman selanjutnya...