Singkap Amonit, Moluska Laut Purba Seukuran Tubuh Manusia Dewasa

By Galih Pranata, Sabtu, 13 November 2021 | 16:00 WIB
Replika yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar amon dapat tumbuh, yang ditemukan di Sussex, Inggris. (Paul Williams/Geology In)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi baru mengungkapkan, sekitar 80 juta tahun yang lalu, makhluk laut seukuran manusia dengan lengan seperti tentakel dan cangkang melingkar hingga selebar 1,8 meter, meluncur di kedalaman Samudra Atlantik.

Makhluk-makhluk raksasa laut ini adalah amon terbesar di dunia, sekelompok cephalopoda bercangkang yang punah sekitar 66 juta tahun yang lalu. Fosil amon terbesar yang pernah ditemukan, merupakan spesies Parapuzosia seppenradensis.

"Jenis spesies ini adalah fosil yang ditemukan di Jerman pada tahun 1895. Ia memiliki cangkang raksasa berukuran 1,7 meter," tulis Lanese. Nicoletta Lanese mengungkap kepada Live Science.

Ia mengungkap temuan terbaru tentang para amon raksasa, lewat artikelnya yang berjudul Human-size ammonites swam the Atlantic Ocean 80 million years ago, dipublikasi oleh Live Science pada 11 November 2021.

Pada sebuah studi baru, yang diterbitkan Rabu, 10 November 2021, di jurnal PLOS One, para peneliti mengkaji sejarah evolusi cephalopoda masif dengan memeriksa dan meneliti sekitar 154 fosil amon.

"Itu termasuk beberapa spesimen bersejarah dan lebih dari 100 fosil baru yang dikumpulkan dari Inggris dan Meksiko. Berdasarkan analisis ini, mereka menemukan bahwa Parapuzosia seppenradensis muncul di kedua sisi Samudra Atlantik sekitar 80 juta tahun yang lalu," ungkap Lanese.

Baca Juga: Ilmuwan Melihat 'Makhluk Misterius' Raksasa Saat Meneliti Kapal Karam

Ilustrasi amon raksasa yang berenang di dasar samudera sekitar 80 jutaan tahun yang lalu. (Live Science)

"Spesies raksasa ini kemungkinan berevolusi dari spesies terkait yang lebih kecil yang disebut Parapuzosia leptophylla, yang tumbuh hanya selebar 1 meter," tambahnya. Banyak peneliti yang menyimpulkan bahwa amon berkembang dari bentuk kecil, berevolusi menjadi raksasa, kemudian punah.

Untuk mengumpulkan bukti-bukti sejarah amon yang menggemparkan ini, yang sekarang dipamerkan di Museum of Natural History di Münster, tim melakukan perjalanan ke lokasi lapangan sekitar 40 kilometer utara Piedras Negras di Meksiko utara.

"Di sana, di dasar sungai yang luas dan kering, mereka mencari melalui lapisan kapur, batu kapur, lumpur dan tanah liat dan menemukan 66 spesimen Parapuzosia, termasuk Parapuzosia seppenradensis raksasa dan Parapuzosia leptophylla yang lebih kecil," tambahnya.

"Fosil tersebut ditemukan berukuran antara 0,1 hingga 1,48 meter lebarnya dan mewakili tahapan yang berbeda dalam siklus pertumbuhan amon," ungkap Christina Ifrim kepada Live Science. Ia merupakan peneliti Bavarian Natural History Collections dan kepala sains di Jura-Museum, museum National History, Eichstätt, Jerman.