Temuan Fosil Berusia 1,6 M Jadi Bukti Tumbuhan Pertama di Bumi?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 20 November 2021 | 09:00 WIB
Gambar tomografi sinar-X dari fosil ganggang merah. (Professor Stefan Bengston/BBC)

Nationalgeographic.co.id – Sebuah penemuan menakjubkan terjadi belum lama ini. Ya, dua fosil tumbuhan ganggang merah ini diyakini merupakan tumbuhan tertua berusia 1,6 miliar. Gangga merah tersebut tampak terawetkan dalam batuan sedimen di Chitrakoot, India tengah. 

Secara tidak langsung, penemuan ini juga dapat memaksa para ilmuwan untuk menilai kembali waktu ketika garis-garis utama pada pohon kehidupan pertama kali muncul di Bumi.

Dikutip Histecho, para peneliti mengidentifikasi fosil kecil multiseluler sebagai 2 jenis ganggang merah, satu seperti benang dan yang lainnya bulat, hidup berdampingan dengan bakteri di lingkungan laut yang dangkal. Hingga saat ini, fosil ganggang merah berusia 1,2 miliar tahun dari Arktika Kanada merupakan tumbuhan tertua yang diketahui.

Para peneliti mengatakan bahwa struktur sel yang diawetkan dalam fosil cocok dengan ganggang merah dan bentuk keseluruhannya, jenis tanaman primitif yang saat ini tumbuh subur di lingkungan laut seperti terumbu karang, tetapi juga dapat ditemukan di lingkungan air tawar.

Jenis ganggang merah yang dikenal sebagai nori adalah bahan sushi yang umum. “Kita hampir bisa makan sushi 1,6 miliar tahun yang lalu,” kelakar Therese Sallstedt, ahli geobiologi Swedia Museum of Natural History, yang membantu memimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology.

Baca Juga: Fosil Tumbuhan Tertua di Afrika Ungkap Sejarah Kehidupan di Bumi