Obat COVID-19 Untuk Pasien Kritis Hanya Efektif Untuk Pria, Mengapa?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 20 November 2021 | 10:30 WIB
Pasien kritis Covid-19. (Halfpoint/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah studi baru dari University of Calgary menunjukan bagaimana deksametason, pengobatan utama untuk infeksi paru-paru COVID-19 hanya bermanfaat bagi pria. Deksametason dapat mengubah cara kerja sel-sel kekebalan, dapat membantu pasien pria yang kritis tetapi tidak efektif bagi wanita.

Temuan tersebut merupakan hasil studi kolaborasi multidisiplin yang dipimpin oleh Dr. Jeff Biernaskie, PhD, profesor, Biologi Komparatif dan Kedokteran Eksperimental di Faculty of Veterinary Medicine (UCVM), Dr. Bryan Yipp, MD, associate professor di Department of Critical Care Medicine, Cumming School of Medicine. Hasil studi tersebut telah diterbitkan di jurnal bergengsi Nature Medicine dengan judul "Dexamethasone modulates immature neutrophils and interferon programming in severe COVID-19".

Yipp, Ketua Penelitian Tingkat II di Canada Research Chair in Pulmonary Immunology, Inflammation and Host Defense mengatakan, bahwa mereka menemukan bahwa laki-laki memperoleh manfaat dari steroid. Sedangkan perempuan, baik pada tingkat sel dan pada tingkat populasi, menerima manfaat yang terbatas.

"Saat ini, mungkin terapi andalan untuk COVID-19 parah yang kami berikan kepada semua orang hanya menguntungkan separuh populasi. Ini masalah besar," kata Yipp.

Baca Juga: Adakah Orang yang Secara Genetik Ditakdirkan Resisten COVID-19?

Dijelaskan, pada awal pandemi, perawatan rumah sakit untuk orang yang sakit parah belum dikonfirmasi oleh penelitian tentang seberapa efektif obat-obatan tersebut dalam kondisi COVID-19. Steroid adalah obat pertama yang diidentifikasi dengan manfaat yang terbukti, tetapi mereka hanya berhasil mengurangi kematian, dan apa yang mereka lakukan tidak dipahami.

Selain itu, ketika penelitian dimulai, tidak ada yang tahu persis bagaimana sel-sel kekebalan akan bereaksi terhadap infeksi COVID-19 di tingkat sel. Mengapa beberapa orang benar-benar sakit sementara yang lain tidak? Mengapa obat-obatan tertentu membantu beberapa tetapi tidak membantu yang lain?

Ilustrasi obat Covid-19 (Shutterstock)

"Untuk dapat mengembangkan perawatan baru, kami ingin mempelajari bagaimana orang yang berbeda merespons infeksi SARS-CoV2 dan bagaimana respons imun yang berbeda menentukan tingkat keparahan penyakit mereka," kata Biernaskie, ketua Calgary Firefighters Burn Treatment Society di Skin Regeneration and Wound Healing.

Yipp dan Biernaskie berusaha untuk lebih memahami bagaimana steroid dapat membantu pasien pria yang kritis. Dan pada saat yang sama, mengevaluasi mengapa uji klinis steroid pada COVID-19 menunjukkan bahwa mereka hanya membantu beberapa pria, tetapi tidak pada wanita.

Ketika Yipp mengakses database provincial eCRITICAL database dari semua penerimaan ICU selama pandemi, ia menemukan bahwa pengenalan terapi deksametason di Alberta mengurangi jumlah kematian pria tetapi tidak memengaruhi populasi wanita. "Itu adalah pengamatan yang meresahkan," kata Yipp.

Baca Juga: Mengapa Seseorang Mengalami Covid-19 Yang Parah? Jawabannya di Hidung