Penanggalan Radiokarbon Ungkap Penduduk Awal Inggris 9.000 Tahun Silam

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 23 November 2021 | 08:00 WIB
Perbandingan tulang wajah (kanan) dengan foto asli sebelum deposit berkapur dihilangkan. (cotswoldarchaeology.co.uk)

Nationalgeographic.co.id—Ada dua kotak tulang yang disimpan dalam arsip selama 55 tahun setelah ditemukan. Tulang-tulang itu ditemukan dari sebuah gua di Cannington Park Quarry dekat Bridgwater, Somerset.

Namun, penelitian terbaru menggunakan penanggalan radiokarbon mengungkapkan bahwa tulang-tulang itu setua atau bahkan lebih tua dari manusia Cheddar, penghuni awal Inggris.

Tulang-tulang itu ditemukan pada 1960-an ketika peledakan tambang membuka ruang di dalam gua, yakni dari lapisan breksi di sekitar gua.

"Kelompok tulang ini awalnya diyakini mewakili material yang mengganggu dari Pemakaman Cannington, sebuah pemakaman Romawi Akhir - pasca-Romawi yang digali pada tahun 1962-3 dan diterbitkan oleh Rahtz, Hirst and Wright (2000)," kata Cotswold Archaeology.

Baru-baru ini penanggalan radiokarbon telah menunjukkan bahwa temuan ini berusia lebih dari 9.000 tahun. Osteoarkeolog Sharon Clough dari Cotswold Archaeology mengatakan bahwa hasil penelitian ini sangat mengejutkan karena sebelumnya dianggap berasal dari zaman Romawi.

Halaman berikutnya...