Tulisan Tangan Einstein Berisi Teori Relativitas Pecahkan Rekor Lelang

By Utomo Priyambodo, Kamis, 25 November 2021 | 08:00 WIB
Patung Albert Einstein di museum Madame Tussaud Amsterdam. Einstein adalah ilmuwan fisika yang jenius. (Getty)

Nationalgeographic.co.id—Manuskrip tulisan tangan Albert Einstein telah memecahkan rekor lelang di Paris pada Selasa, 23 November 2021. Catatan Einstein yang membahas teori relativitas ini terjual seharag 11,6 juta euro atau setara Rp186 miliar.

Sejauh ini angka tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah dibayar untuk naskah apa pun yang pernah ditulis oleh Einstein. Naskah ini berisi pekerjaan persiapan perumusan teori relativitas umum oleh Einstein, yang akhirnya diterbitkan pada tahun 1915.

Catatan ini "tanpa diragukan lagi merupakan manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang", kata rumah lelang Christie's yang menangani penjualan atas nama rumah lelang Aguttes. Rumah lelang tersebut telah memperkirakan sebelum pelelangan bahwa naskah tersebut akan mencapai harga dua hingga tiga juta euro.

Rekor sebelumnya untuk karya Einstein adalah naskah yang disebut sebagai "surat Tuhan". Pada 2018 naskah ini terjual 2,8 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp40 miliar. Sebelumnya, pada 2017, surat tentang rahasia kebahagiaan yang ditulis Einstein terjual 1,56 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp22 miliar.

Pelelangan naskah tulisan tangan Einstein yang membahas teori relativitas itu dibuka mulai harga 1,5 juta euro dan dengan cepat melewati perkiraan juru lelang. Setelah beberapa menit, tersisa dua penawar, memperebutkannya melalui telepon dengan kelipatan 200 ribu euro.

Tidak ada informasi langsung mengenai identitas, atau kebangsaan, dari pemenang lelang atas naskah tulisan tangan ilmuwan jenius tersebut. Sekitar 100 kolektor dan penonton muncul mengikuti pelelangan tersebut, tetapi semua penawaran dilakukan dari jarak jauh.

Halaman berikutnya...