Identitas 'Vampir' Asal Connecticut Terungkap Setelah 200 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 11 Desember 2021 | 09:00 WIB
'Vampir (U.S. Air Force, Tech. Sgt. Robert M. Trujillo/ Live Science)

Nationalgeographic.co.id - Kuburan yang menonjol di pemakaman Connecticut, Amerika Serikat, yang berasal dari akhir abad ke-18 telah digali dan dikubur kembali dengan kepala dan anggota badan ditumpuk di atas tulang rusuknya. Ini kemudian dicurigai sebagai vampir. Diketahui, penghuninya adalah seorang pria yang meninggal sekitar 200 tahun lalu.

Sekarang, para arkeolog telah mengungkapkan identitas pria itu, yang sebelumnya hanya dikenal sebagai "JB-55", inisial dan usianya ketika dia meninggal, yang tertera di peti matinya dengan paku payung kuningan.

Dikutip Live Science, ilmuwan forensik membandingkan bukti genetik dari kerangka dengan basis data silsilah daring untuk mengidentifikasi "vampir" sebagai seorang pria bernama John Barber.

“Dia mungkin seorang petani miskin yang menjalani kehidupan yang sulit. Tampaknya telah meninggal karena Tuberkulosis (TBC),” ujar perwakilan dari Museum Nasional Kesehatan dan Kedokteran di Silver Spring, Maryland.

Kondisi kerangka Barber menunjukkan bahwa ia menderita patah tulang selangka yang tidak sembuh-sembuh dan lutut rematik. TBC yang membunuhnya begitu akut sehingga meninggalkan luka di tulang rusuknya, dan penyakit serta kematiannya yang menyiksa kemungkinan besar yang membuat keluarga dan teman-temannya curiga bahwa dia adalah seorang vampir, Jennifer Higginbotham, peneliti DNA di US Armed Forces Medical.

Baca Juga: Peneliti: TBC Dapat Diberantas Pada 2045, Bagaimana Caranya?

“Umumnya dikenal sebagai penyakit paru-paru selama abad ke-18 dan ke-19, TBC menyebabkan bisul di paru-paru dan membuat korbannya pucat, kurus, dan lemah. Orang yang terinfeksi sering memiliki noda darah di sudut mulut mereka karena batuk darah, dan gusi mereka akan surut, membuat gigi mereka tampak lebih panjang,” papar Higgenbotham menjelaskan.

Tuberkulosis sangat menular. Ketika epidemi menyebar melalui keluarga dan desa-desa di New England, orang-orang menafsirkan penampilan mengerikan dari korban yang sekarat—dan selanjutnya memuakkannya keluarga mereka—sebagai bagian dari transformasi supernatural dan mengerikan, para peneliti melaporkan dalam analisis JB-55, yang diterbitkan pada tahun 1994 dalam The American Journal of Physical Anthropology.

Tanda-tanda kehidupan

Mayat vampir yang dicurigai digali dan dicari "tanda-tanda kehidupan," seperti kuku dan rambut panjang, perut kembung atau cairan menetes dari mulut mereka. Meskipun kita sekarang mengenali fenomena ini sebagai bagian dari dekomposisi normal mayat, di masa lalu, warga New England yang bingung menafsirkannya sebagai bukti bahwa kerabat tercinta adalah vampir.

Higginbotham menambahkan yang disebut jantung vampir kemudian biasanya diambil dan dibakar, menurut penelitian tahun 1994. Namun, hati Barber sudah membusuk pada saat dia digali, setelah kematian dan penguburannya pada akhir 1800-an.

Baca Juga: Dari Vampir Hingga Kurcaci, Inilah Legenda Polandia yang Mendunia