Mengintip Aktivitas Keseharian Polisi Mesir Kuno, Seperti Apa?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 18 Desember 2021 | 09:00 WIB
Polisi Mesir melindungi perwakilan kelas atas, dan kafilah dari penjahat. (Historical Eve)

Nationalgeographic.co.id - Siapa bilang Polisi hanya ada di kehidupan sekarang? Bukan hal yang modern, nyatanya konsep kepolisian sudah ada sejak zaman dahulu kala. Firaun juga harus menggunakan polisi untuk menjaga ketertiban di negara Nil. Kita tahu kehidupan sehari-hari mereka berkat relief makam dan studi arkeologi.

Kehidupan di Mesir kuno sangat sulit, seperti di setiap titik dunia pada waktu itu. Meskipun Firaun harus menjauhkan kekacauan dari rakyatnya, ia juga harus menggunakan polisi untuk menjaga ketertiban di negara itu.

Bagaimanapun, itu bukan badan polisi nasional dengan hierarki kaku yang mengikuti perintah pusat yang berasal dari Firaun melalui wazir. Pasukan Kepolisian pertama dibentuk di Kerajaan Tengah sekitar tahun 2050-1750 SM. Mesir juga memiliki tentara yang stabil, di luar sekelompok kecil pengawal yang melindungi kehidupan Firaun.

Baca Juga: Shabti, Patung Simbol Pelayan Bangsa Mesir Kuno di Alam Baka 

Sekarang, karena orang Mesir telah menjadi ahli dalam penggunaan tenaga kerja yang besar, mereka tahu betul bahwa ketegangan dan gesekan adalah kejadian sehari-hari dalam kelompok orang yang harus tinggal di ruang terbatas. Jadi Firaun ingin memiliki orang-orang yang menjaga ketertiban di antara para pekerja mereka. Bagaimana keseharian polisi pada masa Mesir Kuno?

Kepala Polisi Mahu

Akhenaten dan Nefertiti (kiri) menyembah dewa Aten. (Historical Eve)

Dari semua polisi Mesir kuno, ada satu yang kami memiliki informasi lebih rinci tentang dia. Ini adalah Mahu, "kepala polisi Akhenaten", yang bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban di kota Amarna ketika Akhenaten memerintah di sana.

Berkat relief makamnya dan studi arkeologi ibu kota Aten, kita tahu bagaimana hari kerja seorang polisi. Ya, dia bangun saat matahari terbit seperti rekan senegaranya yang lain. Empat polisi memberinya laporan tentang semua yang terjadi pada malam hari.

Dia membacanya sambil berdiri, bersandar pada tongkatnya yang panjang, yang bagi orang Mesir berarti otoritas. Di sekelilingnya ada orang-orang yang mungkin menjadi sekretarisnya.

Inspeksi

Setelah membaca laporan kejadian, Mahu pasti mengunjungi tempat-tempat bermasalah pada malam hari. Pemeriksaan ini dilakukan dengan didampingi oleh setengah lusin polisi.