Cegah Lonjakan Traffic Jelang Nataru, Kemenkominfo Tambah Kapasitas Internet hingga 20 Persen

By Fathia Yasmine, Rabu, 15 Desember 2021 | 16:28 WIB
Dialog Produktif KPCPEN: Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun, Selasa (14/12/2021). (Dok. KPCPEN)

Nationalgeographic.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) berkomitmen menambah kapasitas internet hingga 13-20 persen jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail menyatakan, jika dibandingkan dengan hari biasa, penggunaan internet pada masa Nataru dapat bertambah dua kali lipat.

Hal tersebut dikemukakan Ismail dalam Dialog Produktif KPCPEN "Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun", Selasa (14/12/2021).

Guna menjaga kestabilan koneksi internet, pihaknya telah bekerja sama dengan penyedia telekomunikasi untuk menguatkan layanan internet di area permukiman dan residensial.

“Peningkatan kapasitas (internet dilakukan) agar tidak terjadi layanan yang terputus, karena banyak orang melakukan akses pada saat bersamaan (jelang Nataru). Sehingga diantisipasi dengan koordinasi untuk penambahan kapasitas di area-area yang tinggi traffic-nya,” kata Ismail.

Baca Juga: Menantang Teori Terbesar Einstein dengan Bintang Ekstrem, Hasilnya?

Upaya tersebut diharapkan mampu memudahkan aktivitas digital sekaligus mengurangi mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager Decision Support System Telkom Abdi Mulyanta dalam kesempatan yang sama menyatakan, kenaikan traffic penggunaan internet jelang Nataru ikut disebabkan karena adanya penambahan jumlah pelanggan.

Agar masyarakat dapat terus menikmati internet tanpa kendala, Telkom ikut melakukan peningkatan bandwidth sekaligus menyiapkan posko Nataru.

“Disiapkan peningkatan bandwidth dan posko Nataru untuk pastikan layanan tetap prima,” katanya.

Posko Nataru, lanjutnya, akan mengawal titik pusat keramaian dan kantor pemerintahan. Utamanya bandara, rest area, pelabuhan, tempat wisata, dan lokasi berkumpulnya warga. Sedangkan secara infrastruktur, pihaknya melakukan penambahan kabel, BTS, dan penambahan akses.

Baca Juga: Temuan Anting Emas Diduga Hadiah Kaisar Bizantium Kepada Suku Viking