Kisah Pria yang Selama Delapan Tahun Mencari Bitcoinnya di TPA Sampah

By Utomo Priyambodo, Kamis, 23 Desember 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi TPA. (vchal/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Saat melakukan pembersihan Musim Semi pada tahun 2013, seorang pria membuang hard drive komputer lamanya ke tempat sampah. Hard drive tersebut dengan cepat bergabung dengan gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah lokal di Newport, Wales, Britania Raya.

Pada saat itu, dalam hard drive tersebut terdapat dompet elektronik (wallet) yang berisi 7.500 Bitcoin atau senilai 665.000 dolar AS. Angka ini adalah nilai yang cukup keren pada hari-hari awal masa kripto. Sekarang, dompet itu bernilai 357 juta dolar AS atau setara Rp5 triliun.

Begitu sadar telah kehilangan hard drivenya, pria itu mulai panik mencari hard drive tersebut dan terus mencari sejak saat itu. Selama delapan tahun terakhir, James Howells telah merangkak melalui gundukan sampah untuk mencari hard drive bernilai ratusan juta dolar AS itu. Melihat besarnya gundukan sampah di sana, upaya Howells ini sama saja seolah ia sedang mencari jarum di tumpukan jerami seukuran lapangan sepak bola.

"Saya berbicara dengan salah satu orang di sana, menjelaskan situasinya. Dan dia benar-benar membawa saya keluar dengan truknya ke area tempat pembuangan akhir, parit yang sedang mereka kerjakan. Area ini seukuran lapangan sepak bola, dan dia mengatakan sesuatu yang berasal dari tiga atau empat bulan lalu akan berada sekitar tiga atau empat kaki di bawah," tutur Howells dalam sebuah wawancara dengan The Guardian pada tahun 2013.

"Saya berada pada titik entah menertawakan hal ini atau menangisi hal ini," ujarnya seperti dilansir IFL Science.