Pandemi Mengubah Tipe Kepribadian Manusia? Begini Penjelasannya

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 26 Desember 2021 | 13:00 WIB
Pandemi mengubah kepribadian manusia, benarkah? (Engin Akyurt/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id - Pandemi mengubah dunia dan tidak ada yang memiliki kendali atas apa yang terjadi. Dengan berita tentang meningkatnya infeksi dan kematian di seluruh dunia, semua orang tertunduk, takut untuk menjelajah di luar ruangan. Dunia terasa aneh dan kacau, dengan sedikit kendali yang terlihat di mana pun.

Dikutip Psychology Today, bagi individu dengan kebutuhan yang kuat untuk memiliki kendali dalam hidup mereka, pandemi sangat membuat stres. Cara biasa mereka untuk mengurangi stres dikunci saat pusat kebugaran, lingkungan kerja, restoran, dan sekolah ditutup.

Saat frustrasi tumbuh, beberapa mitra, karyawan, dan anak-anak mereka menjadi objek kecemasan dan kemarahan mereka yang berkelanjutan. Meningkatnya tingkat penyalahgunaan alkohol, gangguan kecemasan, depresi, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga membuktikan pandemi sebagai sumber tekanan psikologis yang besar bagi banyak orang.

Kekerasan dalam Rumah Tangga: Kebutuhan Akan Kontrol Sudah Memudar

Selama pandemi, jika seorang pelakunya ialah laki-laki, kekerasan dalam rumah tangga biasanya dimulai karena sering terjebak di dalam rumah selama berhari-hari dengan istri yang cemas serta anak-anak yang frustrasi mengejar pembelajaran jarak jauh di rumah. Dia tidak bisa melepaskan ketegangan dengan orang-orang di bar lokal atau berolahraga di gym karena tempat-tempat ini tutup.

Akibatnya, rasa frustrasinya menjadi tidak terkendali, dan pola kekerasan verbal atau fisiknya menjadi lebih sering dan meluas. Jika keluarganya cukup beruntung untuk melarikan diri, seseorang tersebut bisa saja ditinggalkan.

Baca Juga: Apakah Kuisioner MBTI Nyata, Ataukah Hanya Ungkapan Sains Semu? 

Otonomi dan Kontrol dalam Hubungan Romantis

Dalam sebagian besar hubungan intim, salah satu dinamika sentral adalah kekuatan dan kontrol. Ketakutan akan kehilangan otonomi dalam keintiman akan menghabiskan terlalu banyak energi untuk menyenangkan pasangan dan tidak cukup waktu untuk mengejar minat. Karena itu, orang sering menjadi sangat ngotot untuk mendapatkan jalan mereka dalam hubungan romantis.

Kebanyakan orang dewasa tidak suka diberitahu apa yang harus dilakukan oleh siapa pun, termasuk pasangan mereka, karena hal itu merusak otonomi mereka sebagai orang dewasa. Jadi, orang-orang berusaha keras untuk melatih keinginan mereka dalam situasi ini.

Setiap kali salah satu pasangan merasa bahwa orang lain memiliki lebih banyak kekuatan, pasangan yang kurang kuat akan menuntut bagiannya yang adil.

Semakin dia mengomel dan bersikeras, semakin kecil kemungkinan salah satu pasangan akan mendapatkan apa yang diinginkan. Mengomel dan bersikeras cenderung mengarah pada tuli psikologis, dan penolakan muncul di kepalanya yang buruk. Entah pertempuran terbuka atau taktik pasif-agresif, seperti lupa berulang kali untuk melakukan tugas yang telah disepakati bersama atau menyabotase tugas.