Pemburu Aurora Melihat Keberadaan Cahaya yang Aneh di Atas Bumi

By , Sabtu, 19 November 2016 | 08:00 WIB

Astronom amatir dan pemburu aurora sama-sama telah melaporkan cahaya hijau di langit UK. Mudah dibingungkan dengan aurora borealis, atau Northern Lights, penampakan ini adalah fenomena lain yang disebut 'airglow' dan bukan Aurora.

Airglow 'bersinar' secara alami dari atmosfer bumi. Ini terjadi sepanjang waktu dan di seluruh dunia. Ada tiga jenis airglow: dayglow, twilight glow dan night glow.

Masing-masing adalah hasil dari sinar matahari yang berinteraksi dengan molekul di atmosfer bumi, tetapi mereka memiliki cara khusus untuk terbentuk dengan sendirinya.

Dayglow terbentuk ketika sinar matahari beraksi pada siang hari. Beberapa sinar matahari diserap oleh molekul di atmosfer, yang memberikan mereka kelebihan energi. Dan menghasilkan dayglow.

Molekul-molekul itu kemudian melepaskan energinya sebagai cahaya, baik pada frekuensi yang sama atau sedikit lebih rendah (warna) seperti cahaya yang mereka serap. Cahaya ini jauh lebih redup daripada siang hari, sehingga kita tidak bisa melihatnya dengan kasat mata.

Twilight glow pada dasarnya sama dengan dayglow, tetapi hanya bagian atas atmosfer disinari cahaya matahari. Sisa atmosfer dan pengamat di lapangan berada di dalam kegelapan. Jadi, tidak seperti dayglow, twilight glow sebenarnya terlihat oleh kita di lapangan dengan mata telanjang.

Kemiluminesensi

Kimia di balik nightglow berbeda. Tidak ada sinar matahari yang bersinar pada malam hari. Sebaliknya, proses yang disebut kemiluminesensi bertanggung jawab atas cahaya pada atmosfir.

Sinar matahari menyimpan energi ke atmosfer pada siang hari, beberapa di antaranya ditransfer ke molekul oksigen (O?) energi ekstra ini menyebabkan molekul oksigen untuk membelah menjadi atom oksigen. Hal ini terjadi pada  ketinggian 100 km.

Namun, atom oksigen tidak mampu menghilangkan kelebihan energi ini dengan mudah dan bertindak sebagai 'penyimpanan' energi selama beberapa jam.

Pada akhirnya atom oksigen tidak berhasil 'berekombinasi', sekali lagi molekul oksigen terbentuk. Kemudian molekul oksigen melepaskan energi dalam bentuk cahaya. Beberapa warna yang berbeda diproduksi, termasuk emisi hijau 'terang'.

Pada kenyataannya, nightglow hijau tidak terlalu cerah. Cahaya polusi dan langit yang berawan akan menghalangi pengamatan. Meskipun Anda beruntung, Anda mungkin hanya dapat melihat dengan mata atau menangkap pada  long-exposure photos.

Tidak boleh disamakan dengan aurora