Menelisik Pelacur di Era Romawi Kuno, Dibayar dengan 'Sepotong Roti'

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:00 WIB
Lukisan dinding erotis di Lupanar (bordil Romawi) di Pompeii. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id - Prostitusi ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Ya, suka atau tidak prostitusi adalah pekerjaan tertua yang ada. Dalam masyarakat modern, pria dan wanita yang mengunjungi tempat-tempat seperti itu dipandang rendah karena dianggap, dalam beberapa hal, tidak bersih dan hampir ternoda oleh pengalaman itu.

Menjadi Pelacur

Prostitusi di Roma adalah urusan yang rumit, terutama di antara laki-laki dengan banyak uang. Sangat umum bagi pria aristokrat (kelas sosial yang dalam sebagian besar tatanan sosial dianggap yang tertinggi di kalangan masyarakat) untuk mencari kepuasan seksual di luar batas pernikahan mereka dan merupakan praktik yang tidak dipandang rendah.

Laki-laki bebas untuk tidur dengan budak mereka, karena status mereka tidak memiliki hak hukum untuk menolak dan membebaskan diri menjadi pekerja seks tanpa dampak sosial. Seringkali, para pekerja seks itu sebenarnya adalah budak yang dibawa ke pasar budak.

Prostitusi di tingkat resmi sebenarnya diabaikan oleh negara sejak 2 SM. Seorang pelacur harus mendaftarkan diri ke aedile setempat (pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung-gedung publik serta organisasi festival), membuatnya mengetahui nama, usia, biaya, dan nama yang akan digunakan untuk memanggilnya.

Baca Juga: Maiko dan Kisah Pelacuran Perempuan Jepang di Hindia Belanda 

Setelah Anda menjadi pelacur, secara hukum tidak ada cara untuk membatalkan proses tersebut. Ini penting karena pelacur tidak dianggap sebagai warga negara Romawi dan dianggap sebagai kejadian yang sangat langka.

Kebanyakan pelacur adalah budak dan karenanya tidak dianggap sebagai warga negara, atau budak yang dibebaskan, tetapi wanita yang lahir di Roma kuno yang kekurangan uang dapat mendaftarkan diri mereka sebagai pelacur sehingga kehilangan banyak hak, termasuk hak untuk memilih, muncul di pengadilan, mencalonkan diri untuk jabatan publik, dan memasuki area kota tertentu seperti kuil suci. Pelacur dianggap pada tingkat yang sama dengan gladiator dan aktor— objek hanya untuk menghibur dan tidak untuk dihormati.

Sebuah Lunapar disemen dalam abu di Pompeii. Lunapar biasanya sangat kotor dan tidak terawat, dengan para pekerja sendiri sering tinggal di kamar tempat mereka bekerja. (Wikimedia Commons, Fer Filol.)

Pelacur begitu dipandang rendah sehingga Kaisar Romawi pertama Augustus menyatakan bahwa setiap wanita yang terbukti bersalah melakukan perzinahan akan dihukum prostitusi paksa di rumah bordil. Rumah bordil dipandang sebagai tempat yang sangat bejat untuk bekerja karena mereka terutama melayani kelas bawah karena bangsawan dan orang-orang dengan uang mampu mempertahankan budak seks mereka sendiri di rumah. Ada juga contoh wanita yang menjual diri mereka sendiri dari kamar tidur tunggal yang mereka sewa secara pribadi.

Kemungkinan besar banyak prostitusi informal yang terjadi tanpa sepengetahuan negara. Perlu ditegaskan kembali di sini bahwa pada umumnya orang yang mengunjungi rumah bordil umumnya sangat malu, terutama jika orang-orang ini masih muda. 

Tingkat Prostitusi