6 Hewan “Hantu” yang Tak Kalah Seram dari Malam Halloween

By , Selasa, 31 Oktober 2017 | 15:00 WIB

Halloween telah tiba. Biasanya, banyak orang yang menggunakan kostum hantu-hantu dan berdandan menyeramkan untuk memeriahkan malam Halloween.

Ternyata, tidak hanya hantu saja yang mendapatkan reputasi menyeramkan bagi orang-orang. Ada beberapa hewan liar yang juga terkenal menyeramkan. Berikut 6 hewan tersebut.

Lemur

Lemur berbulu hitam putih seringkali membuat suara seperti hantu yang terdengar jauh di hutan Madagaskar. (Thomas Marent, Minden Pictures, National Geographic Creative)

Lemur, seperti lemur Madagaskar, memiliki panggilan lokal yang menyeramkan, yaitu ‘hantu atau roh yang tinggal di hutan’,” kata Chelsea Feast, ahli lemur untuk Tennessee Aquarium. Kata “lemur” berasal dari istilah Latin untuk hantu.

Feast menambahkan, meskipun telah terancam punah, lemur berbulu leher merah dan hitam putih memiliki julukan yang “hampir terdengar jahat”.

Hal menyeramkan lain ada di mata mereka. Sebuah film khusus pada mata lemur yang disebut tapetum memantulkan cahaya yang begitu bersinar, seperti mata kucing. Ada yang sangat oranye, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa pantulan itu sangat mengerikan.

Aye-aye

Seekor aye-aye menempel di pohon palem di Madagaskar timur. Melihat aye-aye dianggap sebagai pertanda buruk bagi sebagian besar orang. (Thomas Marent, Minden Pictures, National Geographic Creative)

Sama halnya dengan lemur, aye-aye juga terancam punah. Aye-aye merupakan sejenis lemur nocturnal yang besar dengan jari tengah “penyihir”, yang biasa digunakan untuk menemukan serangga.

“Sesuatu dianggap sebagai pertanda buruk jika Anda melihat aye-aye, dan sewaktu-waktu orang membunuh mereka sekali melihat,” ujar Feast.

Hiu Hantu

Hiu hantu Australia memiliki moncong gajah yang bisa mendeteksi mangsa di dasar laut. (Norbert Wu, Minden Pictures, National Geographic Creative)