Trauma di Masa Kecil Berdampak pada Perilaku Kecanduan Saat Dewasa

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi seseorang mengalami trauma. (Shutterstock via Live Science)

Nationalgeographic.co.id - Sejumlah penelitian mengonfirmasi hubungan antara pengalaman traumatis di masa kanak-kanak dan perilaku adiktif di masa dewasa. Salah satu yang paling menonjol adalah studi asli Adverse Childhood Experiences (ACE)/ Pengalaman Masa Kecil yang Merugikan oleh Felitti dan rekan (1998). 

ACE didefinisikan sebagai kejadian-kejadian di masa kecil yang membuat anak terluka atau tertekan sehingga mengganggu perkembangan kesehatan fisik dan psikologisnya. Pengalaman-pengalaman yang dialami oleh anak ini biasanya disebabkan oleh keluarga atau lingkungan di sekitar mereka. Seperti adanya pelecehan fisik, emosional, dan seksual, penelantaran, kehilangan orang tua, menyaksikan kekerasan pasangan intim, dan hidup dengan anggota keluarga dengan penyakit mental. Para peneliti menemukan bahwa dengan meningkatnya jumlah ACE, risiko alkohol dan penggunaan narkoba lainnya di masa dewasa.

Setelah lebih dari 20 tahun penelitian terkait ACE, literatur ilmiah menyajikan hubungan yang kuat antara skor ACE dan kecanduan. Jadi, apa hubungan antara trauma awal dan kecanduan orang dewasa? Jawabannya lebih kompleks dari yang Anda kira!

Baca Juga: Halusinasi Hingga Kerusakan Saraf, Dampak Narkoba Pada Otak Kita

Efek Trauma Masa Kecil

Pengalaman traumatis selama masa kanak-kanak dapat memiliki berbagai efek merugikan pada individu tergantung pada jenis trauma, durasi pengalaman traumatis, periode perkembangan di mana trauma terjadi, susunan genetik dan jenis kelamin individu yang mengalami trauma.

Dampak spesifik dari trauma masa kanak-kanak sangat kompleks, tetapi satu hasil yang umum adalah disregulasi sistem stres.

Sistem stres sebagian besar diatur oleh sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang mempersiapkan kita untuk merespons bahaya secara efektif. Ketika stresor diidentifikasi, sumbu HPA dalam hubungannya dengan sistem lain mempersiapkan kita untuk "melawan atau lari" dengan menyebabkan sekresi hormon stres seperti adrenalin dan glukokortikoid. Ketika respons stres diaktifkan, kita mengalami hyperarousal (kondisi meningkatnya ketegangan psikologis dan fisiologis) seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung cepat, pernapasan cepat, dan rasa waspada.

Hubungan Antara Trauma dan Ketergantungan

Pada sebagian orang, alasan utama individu menggunakan penyalahgunaan obat-obatan adalah karena efek psikologis yang dialami mereka. Alkohol dan obat-obatan lain mengubah cara perasaan individu dengan menghasilkan kesenangan (penguatan positif) dan mengurangi disforia (penguatan negatif).

Untuk individu dengan sistem stres disregulasi akibat trauma, penyalahgunaan obat dapat menawarkan penangguhan hukuman dari hyperarousal kronis dan kecemasan. Alkohol, benzodiazepin, opioid, dan produk ganja memiliki efek menenangkan pada keracunan, beberapa di antaranya bahkan memperlambat sistem saraf pusat yaitu, depresan.

Individu dengan riwayat trauma mungkin lebih rentan terhadap kecanduan sebagai cara untuk mengatur suasana hati mereka, menenangkan pikiran yang mengganggu, dan menekan gairah yang disebabkan oleh peningkatan hormon. Penyalahgunaan obat atau perilaku adiktif dapat memfasilitasi keadaan mati rasa, meskipun sementara.