Dinasti Pandiya, Peradaban Paling Berumur Panjang dalam Sejarah

By Galih Pranata, Senin, 17 Januari 2022 | 15:00 WIB
Pelabuhan Pandyan kuno Chennai, India. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah kerajaan terdiri dari banyak wilayah yang diperintah oleh satu badan pemerintahan terpusat, seringkali seorang kaisar atau raja. Masa-masa kerajaan dimulai saat manusia telah mengubah cara berpikirnya dari masa ke masa.

Selama manusia bercita-cita untuk memerintah dan berkuasa, akan muncul kerajaan dan peradaban. Beberapa kerajaan baru lahir, diperkirakan berasal dari sekitar 4.500 tahun sebelum masehi, tepatnya akhir Zaman Batu. 

Untuk menentukan kerajaan yang paling lama berdiri dalam sejarah, beberapa riset telah dilakukan oleh Douglas A. McIntyre kepada 24/7 Wallst. Ia menemukan Kerajaan Pandiya sebagai yang paling langgeng bertahan di bumi.

McIntyre menulis dalam artikelnya berjudul This Is the Longest-Lived Empire in History, yang dipublikasikan pada 5 Januari 2022.

"Kerajaan dengan umur terlama di dunia adalah dinasti Pandiya, yang umurnya berlangsung selama 1.925 tahun, antara tahun 580 SM hingga berakhir pada 1345 M," ungkapnya. 

Meskipun beberapa raja-raja Pandiya telah eksis pada abad-abad sebelumnya, dinasti ini diperkirakan baru dimulai sekitar awal abad keenam SM.

Pemerintah Tamil Nadu bekerjasama dengan para ahli kelautan yang bereputasi untuk membantu pemerintah dalam proses ekskavasi benda arkeologis di Korkai, kota pelabuhan kuno kerajaan Pandiya.

Pandiya merupakan kerajaan yang dikenal juga dengan nama Madurai. Ia merupakan dinasti yang berkuasa di kawasan India Selatan, yag merupakan salah satu dari tiga dinasti keturunan Tamil, selain Chola dan Chera.

Temuan arkeologis mengungkapkan bahwa kekuasaan Pandiya telah mencakup hampir seluruh wilayah India dan sebagian Sri Lanka. Pada bulan oktober 2021 silam, ditemukan kembali sejumlah bukti yang menunjukkan pola-pola kehidupan ekonomi Pandiya.

Dilansir dari The Statesman, Thangam Tenarasu, menteri negara untuk Industri, Kebudayaan, dan arkeologi Tamil, mengungkap hasil temuan dari para tim di wilayah Korkai. 

"beberapa artefak ditemukan dari kota pelabuhan kuno Korkai yang menunjukkan hubungan maritimnya dengan Roma, Cina, dan Mesir," ungkap Tenarasu dalam artikel berjudul Tamil Nadu: Ancient Pandyan port of Korkai to be excavated, terbit tahun 2021.