10 Makanan Paling Bergizi di Dunia Menurut Sains

By , Kamis, 22 Maret 2018 | 13:30 WIB

Setiap hari, kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Meski jumlahnya banyak, namun belum tentu semua makanan yang kita konsumsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Dalam studi berjudul Uncovering the Nutritional Landscape of Food yang diterbitkan di jurnal PLos ONE, para ilmuwan mengurutkan peringkat makanan paling bergizi di dunia. Mereka mengelompokkan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita dengan kuantitas sekecil mungkin. Simak daftarnya berikut ini.

1. Almond

Almond. (Thinkstock)

Almond mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Almond biasa dikonsumsi dalam bentuk taburan di atas kue, atau dicampur dengan salad. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang sedikit asin membuat almond kerap dimakan langsung sebagai camilan.

Baca juga: Diet Mediterania Tingkatkan Massa Otot dan Tulang Pada Wanita Pasca-Menopause

2. Cherimoya

Cherimoya. (Fabiodinatale/Thinkstock)

Cherimoya merupakan buah yang masih satu genus dengan srikaya, dan cita rasanya pun tak jauh berbeda. Buah ini kaya akan serat, vitamin C, dan kalium.

3. Ikan perch

Japanese sea bass, salah satu spesies perch. (Thinkstock)

Ikan perch biasa disantap dalam bentuk filet, digoreng, atau sebagai isian taco. Ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak jenuh.

Baca juga: 5 Minuman yang Ampuh Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

4. Flatfish (Ikan sebelah)

Flatfish (Thinkstock)

Jika Anda penggemar hidangan ikan laut namun khawatir akan kandungan merkuri, flatfish bisa menjadi pilihan tepat. Umumnya, kandungan merkuri pada ikan ini sangat rendah. Flatfish merupakan sumber protein dan vitamin B.

5. Biji chia