5 Tips Mudah Panjang Umur yang Dapat Dilakukan Sejak Usia 20-an

By , Senin, 30 April 2018 | 14:00 WIB
Studi mengungkapkan bahwa dengan perilaku dermawan, kebahagiaan akan timbul dalam diri. (Lutfi Fauziah)

Meskipun usia 20-an Anda dapat menjadi masa paling produktif, Anda dapat tergoda untuk mengabaikan kesehatan ketika menghadapi begitu banyak aktivitas dan gangguan. Sementara tubuh Anda mungkin tampak mentolerir gaya hidup atau diet tidak sehat di masa muda Anda, resistensi ini bisa hancur saat usia bertambah.

"Kebiasaan kesehatan yang dibudidayakan selama waktu itu kemungkinan akan melekat pada Anda seiring bertambahnya usia," kata Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, seorang dokter di New York City. "Oleh karena itu, penting untuk membangun pondasi yang kuat untuk mencapai kesehatan yang hebat pada tahap ini,” tambah Nesochi.

Berikut adalah lima kebiasaan sehat yang dapat dimulai di usia 20-an:

1. Kurangi Gula

Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa bergantung pada gula untuk menghasilkan energi besar ketika masa remaja. Sekarang adalah waktu terbaik untuk mengurangi konsumsi sumber-sumber manis, seperti sarapan sereal atau soda yang mengandung gula. The American Heart Association menguraikan tips untuk mengurangi gula, memperingatkan bahwa kalori kosong dapat menyebabkan diabetes dan obesitas.

(Artikel terkait: Studi: Pecinta Kopi Cenderung Lebih Panjang Umur)

Sebaliknya, usahakan untuk minum lebih banyak air dan menikmati porsi buah dan sayuran setiap hari. Dengan cara ini, Anda tetap bisa makan sehat meskipun sedang memiliki keuangan yang pas-pasan.

2. Atur Jadwal Tidur yang Stabil

Gangguan tidur adalah konsekuensi yang sering terjadi ketika usia semakin bertambah. Jadi, sekarang adalah waktu terbaik untuk membiasakan diri beristirahat dengan cukup dan menjaga ritme sirkadian yang sehat. Kelelahan dan kantuk bisa berbahaya karena dapat mempengaruhi kinerja akademis atau tempat kerja, dan bahkan menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, kurang tidur dapat secara perlahan menyebabkan masalah seperti peradangan, penuaan dini, dan memori yang buruk. Melakukan beberapa langkah mudah (seperti mengurangi penggunaan smartphone di tempat tidur) dapat membuat perbedaan besar pada kualitas tidur.

3. Lindungi Kulit Anda

Bahkan jika Anda akhirnya pulih dari masalah jerawat remaja Anda, Anda perlu mengawasi faktor-faktor tak terlihat sekarang. Hal itu dapat dilakukan dengan mencuci wajah Anda secara teratur, tidur tanpa riasan, mendapatkan cukup vitamin, dan langkah-langkah sehat lainnya.