Pusara Tutu, Berbicara tentang Humanisme Sejati yang Diperjuangkan

By Galih Pranata, Senin, 31 Januari 2022 | 14:00 WIB
Pusara Uskup Agung Desmond Tutu di gereja St. Georges. (Gianluigi Guercia/eNCA)

Nationalgeographic.co.id—Desmond Tutu adalah seorang uskup agung Anglikan Afrika Selatan, seorang humanis sejati, dan sangat percaya pada humanisme komunalistik. Ia lahir di Klerksdorp, Afrika Selatan, pada tanggal 7 Oktober 1931.

Kepergian Uskup Agung Emeritus Desmond Mpilo Tutu pada 26 Desember 2021, seolah telah merampas Afrika Selatan, benua Afrika, dan dunia dari ikon kejujuran, reservoir kebijaksanaan, pemimpin spiritual dan kompas moral.

"Antara tahun 1931 dan 1960, ketika ia menjadi imam Gereja Anglikan, ia menjalani serangkaian pelatihan dan pengembangan diri," tulis Falola kepada Premium Times.

Toyin Falola, seorang profesor Sejarah dan Profesor Pendidikan di University of Texas menulis dalam artikelnya yang berjudul Desmond Tutu: High priest of Ubuntu, true humanism, quits the stage, yang dipublikasikan pada 1 Januari 2022.

Seakan menjadi takdirnya, Tutu lahir dan dibesarkan di Afrika Selatan ketika sistem apartheid berkembang pesat. Ia menyaksikan banyak orang kulit putih yang merupakan tamu, menindas ras kulit hitam di rumahnya sendiri.

"Dia adalah salah satu orang yang beruntung, penerima kesempatan dari sistem yang sangat tidak adil, dan dia tidak pernah melupakan itu, yaitu kesempatan menempuh pendidikan," imbuhnya.

"Setelah Desmond Tutu berhasil menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1960, ia tahu bahwa sudah waktunya untuk menggunakan apa yang dia peroleh (dari pendidikannya) demi kebaikan rakyatnya," lanjutnya.

Uskup Agung Desmond Tutu dalam konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (All Africa/Twitter)

"Arch, begitu ia akrab disapa, memiliki keengganan yang kuat terhadap konflik sosial sambil mewujudkan rasa keadilan yang mendalam," tulis Motlanthe kepada IOL.

Kgalema Motlanthe dalam artikelnya menulis tentang perjuangan Desmond Tutu dalam membela rakyatnya dari serangan sosial akibat isu rasial di negerinya. Tulisannya berjudul Desmond Tutu, a towering figure in the history of South Africa, publish 31 Desember 2021.

Ia percaya bahwa semua manusia diciptakan menurut takdir Tuhan dan, oleh karena itu, setiap teologi yang mengajarkan pemisahan berdasarkan ras adalah sebuah kesalahpahaman.

"Dia membantu membentuk Front Demokrat Bersatu (UDF) pada tahun 1983 dan menjadi aktivis yang mempertahankan eksistensinya," imbuhnya.