Empusa, Iblis Wanita Penghisap Darah Manusia dalam Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 13 Februari 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi empusa. (Ancient pages)

Nationalgeographic.co.id - Empusa awalnya muncul dalam mitologi Yunani klasik sebagai monster wanita yang menakutkan. Dia adalah vampir iblis tanpa bentuk sendiri, tetapi dengan kemampuan untuk muncul dalam banyak samaran hewan yang berbeda, dan sebagai wanita muda yang cantik dan menggoda.

Cerita rakyat Yunani modern masih berbicara tentang empusa, yang memasuki tubuh manusia mangsanya (khususnya anak-anak) untuk memakan daging dan darah korbannya. Dia suka makan tubuh muda dan cantik dan minum darah mereka karena kuat dan murni.

Empusa mewakili bentuk vampir Yunani. Dalam mitos Yunani, iblis perempuan ini biasanya digambarkan memiliki satu kaki palsu, terbuat dari kuningan dan kaki lainnya keledai; dari pinggang ke atas, Empusa adalah makhluk mirip manusia, dengan noda dan bintik-bintik mengerikan di kulitnya.

Dia dikatakan putri dewi sihir, malam, bulan, hantu, dan necromancy, Hekate, dan dikirim olehnya untuk menyiksa orang, terutama pelancong. Monster itu tumbuh subur di perairan dan di darat, sehingga cenderung berdiam di sepanjang pantai. Bersembunyi di jalan yang gelap di malam hari, empusa mencari mangsanya. Dia adalah pengubah bentuk yang mengubah penampakannya menjadi binatang atau wanita cantik; dia memikat tawarannya untuk meminum darahnya dan memakan dagingnya.

Baca Juga: Cerita di Balik Jiangshi, Mayat Hidup Melompat dari Tiongkok

Sebuah kisah kuno tentang seorang pria berusia 25 tahun dari Lycia, Menippus, yang cerdas, tampan, dan sangat kekar sebagai seorang atlet menceritakan pertemuannya dengan makhluk jahat ini.

Suatu hari, saat Menippus berjalan di sepanjang jalan, dia bertemu dengan penampakan seorang empusa yang menyamar sebagai wanita asing bernama Fenisia. Di bawah mantra Empusa, Menippus jatuh cinta hingga membuat rencana untuk menikah.

Apollonius agak skeptis terhadapnya; dia menghadiri pernikahan dan diperkenalkan kepadanya oleh Menippus. Wanita yang sangat kaya ini adalah nyonya dari semua pelayan.

Mendengar ini, Apollonius memberi tahu Menippus bahwa pengantinnya yang luar biasa tidak lain adalah vampir, yang seperti orang lain di rasnya suka melahap daging dan darah korbannya.

Pengantin Menippus tersinggung dan memerintahkan Apollonius untuk pergi, tetapi kata-katanya telah mematahkan mantranya dan semua emas, perak, dan para pelayan menghilang.

Baca Juga: Hamadriad, Kepercayaan pada Penunggu Pohon dalam Mitologi Yunani

Berpura-pura menangis, makhluk iblis ini memohon Apollonius untuk tidak memaksanya mengakui siapa dia sebenarnya, tetapi Apollonius melakukannya. Akhirnya, Empusa mengaku bahwa dia mencari orang-orang muda dan cantik untuk disantap, dan Menippus adalah salah satunya.