Butuh Waktu Berapa Lamakah untuk Memancarkan Elektron dari Atom?

By Wawan Setiawan, Sabtu, 19 Februari 2022 | 10:00 WIB
Mikroskop reaksi COLTRIMS pada cincin penyimpan elektron BESSY II, Helmholtz Center Berlin for Materials and Energy (HZB). (Miriam Weller, Goethe University Frankfurt)

Nationalgeographic.co.id - Hampir seratus tahun yang lalu, Albert Einstein dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisika untuk karyanya pada efek fotolistrik. Juri belum benar-benar memahami teori relativitas revolusionernya, tetapi Einstein juga telah melakukan pekerjaan terobosan tentang efek fotolistrik. Dengan analisisnya, ia mampu menunjukkan bahwa cahaya terdiri dari paket energi individu, yang disebut foton. Ini adalah konfirmasi yang menentukan dari hipotesis Max Planck bahwa cahaya terdiri dari kuanta, dan membuka jalan bagi teori kuantum modern.

Meskipun efek fotolistrik dalam molekul telah dipelajari secara ekstensif sementara itu, belum mungkin untuk menentukan evolusinya dari waktu ke waktu dalam pengukuran eksperimental.

Berapa lama waktu yang diperlukan setelah kuantum cahaya menabrak molekul agar elektron terlepas ke arah tertentu? "Lamanya waktu antara penyerapan foton dan emisi elektron sangat sulit diukur karena hanya dalam hitungan attoseconds," jelas Till Jahnke, PhD-supervisor Jonas Rist. Ini sesuai dengan hanya beberapa osilasi ringan. "Sejauh ini tidak mungkin untuk mengukur durasi ini secara langsung, itulah sebabnya kami sekarang menentukannya secara tidak langsung," imbuhnya.

Untuk tujuan inilah, para ilmuwan menggunakan mikroskop reaksi COLTRIMS, yakni alat pengukur yang dapat mempelajari atom dan molekul dengan sangat rinci. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Communications pada 17 November 2021 dengan judul "Measuring the photoelectron emission delay in the molecular frame".

Para peneliti menembakkan cahaya sinar-X yang sangat intens. Cahaya ini dihasilkan oleh sumber radiasi sinkrotron BESSY II dari Helmholtz-Zentrum Berlin. Ia ditembakkan pada sampel karbon monoksida di tengah mikroskop reaksi.

Baca Juga: Inilah Foto Atom Beresolusi Tertinggi yang Diabadikan Para Ilmuwan

Molekul karbon monoksida terdiri dari satu atom oksigen dan satu atom karbon. Cahaya sinar-X sekarang memiliki jumlah energi yang tepat untuk melepaskan salah satu elektron dari kulit elektron terdalam atom karbon. Akibatnya, fragmen molekul. Atom oksigen dan karbon serta elektron yang dilepaskan kemudian diukur.

"Dan di sinilah fisika kuantum berperan," jelas Rist. "Emisi elektron tidak terjadi secara simetris ke segala arah," lanjutnya.

Ini adalah foto mikroskop reaksi COLTRIMS yang dibuat oleh Alexander Hartung sebagai bagian dari penelitian doktoralnya di ruang percobaan Fakultas Fisika. (Alexander Hartung)

Karena molekul karbon monoksida memiliki sumbu yang menonjol, elektron yang dipancarkan, selama mereka masih berada di sekitar molekul, masih dapat dipengaruhi oleh medan elektrostatiknya. Ini menunda pelepasan sedikit dan untuk tingkat yang berbeda tergantung pada arah di mana elektron dikeluarkan.

Sebagaimana sesuai dengan hukum fisika kuantum, elektron tidak hanya memiliki sifat partikel tetapi juga sifat gelombang, yang pada akhirnya bermanifestasi dalam bentuk pola interferensi pada detektor.

Baca Juga: Eksperimen Fisika Ini Bisa Mengubah Materi Jadi Tak Terlihat