Nationalgeographic.co.id - Siapa bilang para atlet kalah karena kecacatan? mereka sama bersemangatnya seperti olahragawan yang lain. Sikap sportif ini, bila dilengkapi dengan peralatan yang dibuat khusus, memungkinkan mereka untuk memainkan olahraga kompetitif tanpa risiko cedera. Salah satu peralatan tersebut adalah kursi roda parathletic. Pengamatan yang cermat akan menunjukkan kepada Anda bahwa rodanya bengkok ke dalam seolah-olah porosnya hampir putus. Namun, mereka jauh lebih unggul daripada kursi roda konvensional dalam fungsinya.
Apakah roda miring biasa terjadi?
Mungkin akan mengejutkan Anda bahwa roda yang tidak tegak lurus dengan tanah adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tingkat kemiringan biasanya sangat tidak signifikan untuk terlihat oleh mata telanjang. Kemiringan roda ke bidang gandar ini dikenal sebagai camber. Itu dimasukkan ke dalam perakitan roda untuk memperhitungkan berbagai permukaan dan kondisi traksi yang harus dihadapi kendaraan, termasuk kursi roda.
Apa sebenarnya peran camber?
Di dunia yang ideal, roda akan duduk tegak lurus dengan tanah, berputar tegak lurus terhadap bidang poros. Namun, sistem ini sangat terbatas karena hanya dapat berfungsi dengan sempurna ketika kendaraan berjalan di atas permukaan yang rata sempurna dan dalam garis lurus. Cengkeraman roda karena kontaknya dengan tanah memiliki peran paling penting untuk dimainkan. Mari kita bahas ini secara lebih rinci.
Kontak dan traksi roda
Bagian kontak roda dengan jalan untuk semua tujuan praktis, adalah bidang segi empat. Ketika kendaraan berjalan lurus, berat kendaraan, dan gaya gesekan akibat kontak jalan didistribusikan secara merata di dalam persegi panjang ini.
Namun, ketika kendaraan berbelok, berat kendaraan bergeser ke tepi luar roda luar. Gesekan adalah fungsi dari berat yang diberikan oleh kendaraan di tanah. Dengan demikian, cengkeraman terkonsentrasi pada tepi terluar dari ban terluar, sangat mengurangi stabilitas kendaraan.
Baca Juga: Dua Petualang yang Menjelajah Bumi dengan Kursi Roda
Dengan memperkenalkan camber ke roda, patch kontak yang seharusnya dibatasi pada sebagian kecil ban meningkat menjadi konfigurasi yang lebih persegi. Ini membawa lebih banyak cengkeraman, dan akibatnya lebih banyak stabilitas pada kendaraan saat berbelok.
Sudut camber umum di kursi roda
Ketika roda dimiringkan sedemikian rupa sehingga bagian atasnya saling berdekatan, camber negatif. Sebaliknya, roda-roda yang letaknya berdekatan di bagian dasar dikatakan memiliki camber positif. Kursi roda hanya memiliki camber nol atau negatif.
Tergantung pada penggunaannya, kursi roda mungkin memiliki camber mulai dari paling rendah 3 derajat hingga paling tinggi 15 derajat. Sementara kursi roda dengan camber yang lebih rendah ditemukan lebih banyak pada penggunaan domestik, kursi roda dengan camber yang lebih tinggi digunakan untuk aplikasi yang berorientasi pada kinerja.
Konstruksi kursi roda olahraga
Kursi roda olahraga dapat diperbaiki atau dilipat tergantung pada desainnya. Tidak seperti kursi roda konvensional yang terbuat dari baja, kursi roda ini biasanya terbuat dari logam yang lebih ringan seperti aluminium dan titanium. Komposit seperti serat karbon juga dapat digunakan. Sementara mereka terlihat seperti turunan mewah dari rekan-rekan domestik mereka, kursi roda olahraga telah menambahkan utilitas. Garis besar singkat konstruksi mereka memberikan wawasan yang berharga.
- Rangka
Rangka adalah kaku dan terdiri dari beberapa anggota utama dan lintas yang mampu mempertahankan bentuk kursi roda sambil menyerap gaya yang ditransmisikan dari tanah.
- Kastor
Kastor adalah roda depan yang bertanggung jawab untuk menyetir kursi roda. Sementara mereka biasanya berada di bidang yang sama dengan roda belakang pada kursi roda normal, mereka ditempatkan lebih dekat bersama di kursi roda olahraga. Beberapa bahkan mungkin hanya memiliki satu kastor.
- Roda camber dan pelek dorong
Roda camber bertanggung jawab atas pergerakan kursi roda pada kecepatan tinggi dengan relatif mudah. Camber dan penempatan push-rims meningkatkan kemudahan propulsi.
- Roda anti-tip
Roda belakang yang terletak di belakang dan di antara roda camber ditambahkan untuk mencegah kursi roda terbalik jika parathlet membungkuk ke belakang.
- Sabuk pengaman
Sabuk pengaman ada di pinggang dan setinggi betis untuk mengamankan atlet dengan aman di tempatnya.
Baca Juga: Robot Lego dengan 'Otak' Belajar Memecahkan Teka-teki Labirin
Keuntungan dari camber kursi roda
Menambahkan camber tidak hanya menambah daya tarik kursi roda, tetapi juga memberikan banyak keuntungan fungsional:
- Jejak kaki yang lebih lebar membuat kursi roda lebih stabil, mengurangi risiko terbalik.
- Penambahan camber telah diamati untuk meningkatkan ergonomi dan akselerasi kursi roda, sehingga kondusif untuk penggunaan jangka panjang dalam olahraga tanpa menimbulkan banyak kelelahan.
- Gaya reaksi dari tanah terdistribusi jauh lebih baik, mengurangi jumlah kejutan yang ditransfer ke pengguna saat melintasi medan yang tidak rata.
- Dengan menempatkan bagian atas roda lebih dekat ke pengguna daripada bagian bawah, sambungan bahu jauh lebih dekat sejajar dengan bidang roda. Ini mengurangi jumlah ketegangan saat mendorong kursi roda, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.
- Saat bergerak melalui area yang sempit, kemungkinan tangan tergores ke dinding, kusen pintu, dll. berkurang secara signifikan karena bagian atas roda lebih dekat ke bodi, dibandingkan dengan bagian bawah.
- Menambahkan camber memperpendek radius putar kursi roda, memungkinkannya untuk berbelok lebih cepat dan lebih kencang. Ini menyajikan keunggulan kompetitif yang besar dalam olahraga.