Si Gila Caligula: Kaisar Romawi yang Paling Kejam Sepanjang Sejarah?

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 5 Maret 2022 | 11:00 WIB
Si gila Caligula, kaisar Romawi yang paling terkenal sepanjang masa. (Richard Mortel/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kisah hidup Caligula adalah warisan sejarah ribuan tahun yang lalu. Dalam hidupnya yang singkat hanya 29 tahun, ia mengalami tragedi yang mengerikan, kebencian yang mendalam terhadap orang-orang yang membunuh keluarganya, kekuatan besar sebagai kaisar Romawi, dan akhirnya, kematian yang brutal.

Pada tahun-tahun terakhir hidupnya, perilakunya menjadi sangat aneh dan ekstrem sehingga banyak yang percaya bahwa dia menderita kegilaan. Beberapa orang mengatakan dia menjadi gila karena peristiwa dalam hidupnya, sementara yang lain mengatakan dia mungkin sakit jiwa atau menderita efek penyakit.

Caligula adalah kaisar ketiga kekaisaran Romawi. Ia lahir pada tanggal 31 Agustus 12 Masehi di Antium, Italia, yang sekarang dikenal sebagai Anzio, Italia. Orang tuanya adalah Germanicus dan Agrippina yang Tua, dan dia adalah salah satu dari enam bersaudara, dengan saudara kandung bernama Nero, Drusus, Agrippina yang Muda, Julia Drusilla, dan Julia Livilla.

Nama asli Caligula adalah Gaius Caesar Germanicus, tetapi pada usia tiga tahun ia diberi julukan Caligula yang berarti "sepatu bot kecil". Julukan itu muncul ketika ia menemani ayahnya dalam kampanye. Para prajurit terhibur dengan pakaian prajuritnya yang kecil.

Ayahnya Germanicus adalah keponakan dan anak angkat kaisar Tiberius. Kematian Germanicus pada tahun 19 Masehi disertai dengan rumor bahwa Tiberius telah memerintahkan dia diracun karena mereka adalah saingan politik.

Baca Juga: Jalan Berliku Kaisar Augustus Mempersiapkan Penerus Takhta Romawi

Agrippina yang Tua percaya Tiberius bertanggung jawab atas kematian suaminya dan secara terbuka menyatakan bahwa dia akan membalas dendam atas kematian mendiang suaminya. Sebagai tanggapan, Tiberius memenjarakan Agrippina yang Tua, Nero, dan Drusus, dan mereka bertiga tewas saat dipenjara. Karena usia Caligula yang masih muda, ia terhindar dari penjara dan dikirim untuk tinggal bersama Livia, ibu Tiberius.

Pada tahun 31 Masehi, Caligula dipanggil ke pulau Capri untuk tinggal bersama Tiberius. Caligula diadopsi oleh Tiberius, pembunuh ayahnya, dan pemuda itu terpaksa menyembunyikan kebenciannya dari orang tua angkatnya. Segera, Caligula dan sepupunya Gemellus diangkat menjadi pewaris takhta yang setara.

Namun, setelah kematian Tiberius pada tahun 37 Masehi, sekutu Caligula, Marco, mengatur agar Caligula dinobatkan sebagai kaisar tunggal. Tak lama kemudian, Caligula membunuh Gemellus dan Marco.

Caligula dan tindakan-tindakan gilanya telah menjadikannya salah satu kaisar Romawi paling terkenal sepanjang masa. (Richard Mortel/Flickr)

Caligula baru berusia 25 tahun ketika ia menjadi kaisar Roma pada tahun 37 Masehi. Dikutip dari Ancient Origins, Caligula adalah kaisar Romawi yang paling tirani. Pemerintahannya dari tahun 37 hingga 41 Masehi dipenuhi dengan pembunuhan dan pesta pora, ke tingkat yang bahkan keponakannya yang terkenal, Nero, tidak dapat mencapainya.

Pada awalnya, Caligula adalah seorang kaisar yang dicintai dan disambut. Dia memberikan bonus kepada mereka yang berada di militer, menghapus pajak yang tidak adil, dan membebaskan mereka yang dipenjara secara tidak adil.