Choumiryou: Bumbu Resep Di Balik Masakan-Masakan Jepang yang Sehat

By Ratu Haiu Dianee, Rabu, 16 Maret 2022 | 15:00 WIB
Sushi. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id—Orang-orang Jepang memiliki resep bumbu sederhana yang biasanya menjadi andalan mereka dalam proses memasak masakan setiap harinya. Hal ini menjadi salah satu cara mereka dalam berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran penduduk akan kesehatan tubuh mereka. Dengan mengonsumsi makanan yang dimasak dengan bumbu dasar mereka, dapat memberikan dampak umur yang pajang.    

Dari data Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang, menunjukkan bahwa harapan hidup rata-rata orang Jepang. Pada 2019, angka harapan hidup untuk wanita adalah 87,45 tahun, sedangkan untuk pria adalah 81,41 tahun. Pada hasil pendataan setiap 7 hingga 8 tahun sekali, harapan hidup orang-orang di Jepang meningkat.

Dalam mengonsumsi makanan sehat sehari-hari, orang-orang Jepang tentunya menggunakan bumbu-bumbu dasar pilihan khas penduduknya.

Choumiryou dasar memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan orang Jepang, sehingga harapan hidup orang Jepang menjadi tinggi,” tulis Sriwahyu Istana Trahutami.

Trahutami menulis jurnalnya dengan judul “Choumiryou dan Harapan Hidup Orang Jepang” yang diterbitkan oleh Endogami Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi tahun 2019.

Menurut risetnya, Choumiryou merupakan bumbu dasar yang digunakan oleh orang-orang Jepang dalam memasak masakan sehari-hari mereka. Choumiryou atau orang Jepang sering menyebutnya dengan choumiryou no sashisuseso yang berarti bumbu sashisuseso.

Bumbu sashisuseso ini ternyata memiliki kepanjangan arti yang terdiri dari sa (satou) atau gula, shi (shio) atau garam, su atau cuka, se (shouyu) atau saus kedelai, dan so atau miso.

“Kelima bumbu dasar Jepang tersebut pada zaman dahulu wajib untuk ditambahkan ke dalam masakan secara berurutan, namun seiring perkembangan zaman dan makin bervariasinya masakan Jepang, bumbu-bumbu tersebut minimal salah satunya wajib untuk ditambahkan pada setiap masakan Jepang. Bahkan orang Jepang merasa jika salah satunya tidak dimasukkan dalam olahan masakan, dirasa ada yang kurang lengkap dalam cita rasanya,” jelas Trahutami.

    

Bagaimana Peran Penting dari Masing-Masing Bumbu Sashisuseso?

Di setiap bumbu Choumiryou memiliki peranan dengan ciri khas rasa yang berbeda-beda. Seperti satou atau gula yang biasa digunakan orang-orang Jepang dalam membuat kue.  

Sifat gula yang dianggap proses penyerapannya lama ke dalam masakan dibandingkan dengan bumbu lain menyebabkan bumbu ini yang pertama kali harus ditambahkan. Mungkin, sebagian orang asing akan beranggapan mengapa banyak kue di Jepang memiliki rasa yang terlalu manis karena selalu menggunakan gula.