Semut Pelacak Bisa Mendeteksi Kanker Lebih Baik Daripada Anjing

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 18 Maret 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi semut-semut hitam. (Rakeshkdogra/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Semut mampu mendeteksi sel kanker dengan mengendus bau unik mereka, demikian kesimpulan sebuah studi baru. Seekor semut hanya perlu beberapa sesi pelatihan untuk mempelajari aroma sel kanker yang menurut para peneliti membuatnya lebih "layak, cepat, dan tidak terlalu melelahkan" daripada menggunakan hewan lain.

Meskipun ini adalah studi pertama, para peneliti mengatakan studi ini telah menunjukkan potensi semut untuk bertindak sebagai bio-detektor kanker.

Ketika sel kanker tumbuh, mereka menghasilkan senyawa spesifik, yang dapat dideteksi menggunakan peralatan berteknologi tinggi atau dideteksi oleh hewan dengan hidung yang sangat sensitif. Anjing dapat mencium bau kanker, seperti yang telah ditunjukkan dalam penelitian baru-baru ini. Satu penelitian menemukan bahwa anjing pendamping kita dapat mengendus kanker paru-paru dengan akurasi hampir 97 persen.

Namun, melatih anjing adalah proses yang panjang dan mahal. Jadi, para peneliti di universitas di Prancis memutuskan untuk menyelidiki menggunakan hewan yang berbeda untuk mendeteksi bau kanker. Serangga, yang mudah dipelihara dan murah, sepertinya merupakan pilihan yang baik. Sistem penciuman mereka seringkali sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka, menuntun mereka menuju tanaman yang dapat dimakan dan pasangan yang bersedia.

Tim berfokus pada spesies semut yang disebut Formica fusca, yang sebelumnya telah mereka tunjukkan dapat dipelajari dengan cepat. Setelah menumbuhkan sel kanker selama beberapa hari, para peneliti membuat arena di mana seekor semut akan disajikan ke satu tabung kosong, dan satu tabung berisi sel kanker. Mereka kemudian mulai mengkondisikan semut untuk mengenali yang mana. Hanya butuh 30 menit pengkondisian bagi semut untuk mempelajari cara mengendus sampel kanker.

“Untuk melatih semut, kami menggunakan protokol pelatihan yang disebut pembelajaran asosiatif di mana bau (misalnya bau kanker) dikaitkan dengan hadiah, seperti larutan gula,” kata penulis pertama studi Baptiste Piqueret, seorang mahasiswa PhD di Universitas Sorbonne Paris Nord.

Setelah beberapa pemaparan bau dan hadiah, semut akan mengasosiasikan bahwa bau adalah prediktor hadiah, dan jika dia menginginkan hadiah, dia akan mulai mencari bau. Setelah pembelajaran asosiatif selesai, kami menguji memori semut dengan menempatkannya di arena tanpa imbalan dengan bau kanker yang dipelajari dan bau baru (misalnya bau yang sehat).

Di arena kedua ini, semut ditunjukkan untuk mencari bau kanker, berharap menemukan hadiah, yang menurut para peneliti menunjukkan bahwa mereka dapat merasakan keberadaan sel kanker.

    

Baca Juga: Pelajaran Sains Semut: Rahasia Biologis Semut Terbang dan Tanpa Ayah

Baca Juga: Semut-Semut Tampak Sering Berciuman, Studi Ungkap Manfaatnya

Baca Juga: Pelajaran Sains Semut: Seberapa Kuat dan Tajam Gigi-gigi Semut