Spesies Laba-Laba Berjaring Raksasa Bekerja Sama Menyergap Mangsa

By Wawan Setiawan, Selasa, 22 Maret 2022 | 16:00 WIB
Sebagian besar laba-laba menjalani hidup soliter, namun ternyata ada juga spesies yang bekerja secara kelompok dalam menyergap mangsanya. Salah satunya, Anelosimus eximius. (Paul Bertner/Flickr )

Nationalgeographic.co.id—Seolah-olah satu laba-laba tidak cukup buruk—bayangkan jika Anda dikejar oleh 1.000 laba-laba di jaring raksasa. Mengerikan!

Sementara sebagian besar laba-laba menjalani kehidupan soliter, namun ternyata ada sejumlah kecil spesies laba-laba yang beroperasi dalam koloni dan bekerja sama untuk menangkap serta membunuh mangsanya.

Laba-laba pemburu berkelompok ini bisa menjadi satu bagian dalam mimpi buruk Anda. Sementara sebagian besar laba-laba menikmati kehidupan menyendiri, 20 dari sekitar 50.000 spesies laba-laba yang diketahui hidup berkoloni. Satu spesies, bernama Anelosimus eximius, hidup dalam koloni yang sangat besar hingga 1.000 individu laba-laba bekerja sama untuk membangun jaring yang membentang beberapa meter.

Ketika mangsa jatuh ke jaring mereka, laba-laba sosial ini akan segera berkoordinasi dan menyerang korbannya bersama-sama, yang memungkinkan mereka untuk menjatuhkan mangsa yang jauh lebih besar daripada jika mereka berburu sendirian. Sampai sekarang, bagaimana tepatnya laba-laba ini melakukan serangan terkoordinasi seperti itu masih menjadi misteri.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Toulouse di Prancis menemukan bahwa laba-laba tersebut ternyata menggunakan getaran di jaring raksasa mereka untuk membuat koreografi proses berkerumun yang tersinkronisasi, demikian temuan studi tersebut.

"Apa yang fantastis adalah bahwa tidak ada peran kepemimpinan di antara laba-laba ini," tutur Raphael Jeanson, seorang peneliti di Pusat Penelitian Kognisi Hewan (CRCA) di Universitas Toulouse di Prancis dan penulis senior pada studi baru tentang arakhnida sosial ini. Sebaliknya, seluruh koloni laba-laba mengkoordinasikan serangannya dengan setiap individu yang menerima informasi yang sama.

Hasil studi yang menarik ini telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 7 Maret 2022 dengan judul A variable refractory period increases collective performance in noisy environments.

Koloni Anelosimus eximius di Guyana Prancis. (Raphaël Jeanson/CNRS)

Laba-laba sosial spesies Anelosimus eximius hidup dalam koloni yang mungkin mencakup ratusan individu. (Bernard Dupont via Wikimedia Commons)

"Ketika mangsa jatuh di jaring, ini memicu pergerakan laba-laba," kata Jeanson, seperti yang dilaporkan BBC. "Tapi setelah beberapa saat, mereka semua berhenti selama beberapa milidetik sebelum mereka akhirnya mulai bergerak lagi."

Saat koloni menyerang, laba-laba turun ke mangsanya dengan menyelaraskan dua tahap gerakan: mendekati korban yang berjuang dan berdiri diam. Ini memungkinkan laba-laba untuk mengatur waktu pendekatan mereka sehingga mereka semua menyerang sekaligus. Dengan menggunakan pengamatan lapangan dan simulasi komputer dari serangan terkoordinasi ini, tim Jeanson mengetahui bahwa serangan itu hampir seluruhnya diarahkan oleh getaran di jaring secara bersamaan.

Dengan cara memikat laba-laba menggunakan lalat yang sudah mati, yang direkatkan ke ujung generator getaran, para peneliti menunjukkan bahwa perilaku berburu sebenarnya dipicu oleh perjuangan mangsa yang tak berdaya. Namun, itu tidak menjelaskan gerakan terkoordinasi dari koloni.