Ketika Homoseksualitas di Romawi Kuno Jadi Sebuah Status Sosial

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 9 April 2022 | 13:00 WIB
The Warren Cup, dihiasi dengan relief-relief berornamen tindakan sesama jenis, (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Di Roma kuno, tidak ada kosakata untuk membedakan antara homoseksualitas dan heteroseksualitas. Seksualitas sebaliknya didefinisikan oleh tingkah laku, baik aktif atau pasif, baik dalam hubungan gay ataupun 'lurus'. Masyarakat Romawi memiliki sistem patriarki di mana peran gender laki-laki adalah otoritas utama, ditekankan oleh maskulinitas ‘aktif’ sebagai simbol kekuasaan dan status sosial.

Laki-laki bebas berhubungan dengan laki-laki, tetapi hal itu dianggap dapat diterima hanya sesuai dengan hukum Lex Scantinia, hukum Romawi yang dibuat untuk menghukum setiap warga negara laki-laki dengan status tinggi karena bersedia berperan dalam perilaku seksual pasif. Pada dasarnya aturan untuk mengawasi sifat maskulin individu dengan menegakkan bahwa warga negara Romawi yang lahir bebas mengambil peran 'atas' atau 'aktif' dalam seks. Kegagalan untuk melakukannya akan membawa nama dan reputasi keluarganya menjadi jelek atau infamia (kehilangan status hukum atau sosial).

Dari perspektif masyarakat, menjadi 'pasif' atau 'tunduk', mengancam tatanan maskulinitas, dengan sifat-sifat feminin, ketundukan dan perilaku pasif menjadi tindakan kelas bawah dan budak.

Hubungan seks sesama jenis dengan pelacur, budak, atau tawanan perang dianggap benar-benar dapat diterima karena tidak mengancam kejantanan orang merdeka selama warga negara Romawi mengambil peran aktif dalam penetrasi. Aktivitas seks yang sama di antara tentara dengan status yang sama dapat dihukum mati.

Meskipun Lex Scantinia dan penegakan hukum disebutkan dalam beberapa sumber kuno, seperti 227 SM di mana Gaius Scantinius Capitolinus diadili dengan Lex karena melakukan pelecehan seksual terhadap putra Marcus Claudius Marcellus; legalitas lengkap dan ketentuan undang-undangnya masih belum jelas.

Pemerkosaan dan perbudakan sesama jenis

Lex Scantinia membebaskan laki-laki bebas dari tuntutan dalam kasus pemerkosaan atau hubungan seksual pasif yang dipaksakan. Namun, itu dianggap sebagai kejahatan besar bagi seseorang yang lahir bebas untuk memerkosa orang lain, tindakan seperti itu membawa hukuman mati. Ini berbeda dari praktik sesama jenis di Yunani kuno di mana hubungan homoseksual antara laki-laki dengan status sosial yang sama dianggap dapat diterima.

Seorang warga negara Romawi diizinkan untuk mengeksploitasi budaknya sendiri untuk seks, tidak peduli usia atau keadaan lahir mereka—seorang budak tidak memiliki perlindungan sipil yang berkaitan dengan tubuh mereka; pada dasarnya tubuh seorang budak digunakan untuk memuaskan nafsu seksual Tuan mereka.

Bahkan, istilah puer delicatus sering digunakan untuk budak anak yang digunakan khusus untuk kepuasan seksual dan persahabatan. Praktik ini tergambar dalam The Warren Cup, yang menggambarkan sisi seorang pria dewasa muda berhubungan seks dengan seorang budak muda.

 Baca Juga: Benarkah Kaisar Romawi Nero yang Membakar Roma dan Melakukan Inses?

 Baca Juga: Mengapa Penis Sering Muncul dalam Seni Yunani Kuno dan Romawi Kuno?

 Baca Juga: Penemuan Kalung Budak Romawi 'Pegang Aku Atau Aku Akan Lari!'