Kenang Jasa Plato bagi Sejarah Pemikiran dan Ilmu Pengetahuan

By Galih Pranata, Jumat, 1 April 2022 | 11:00 WIB
Plato mengatakan bahwa bumi berasal dari bentuk kubus. Sains pun membuktikannya. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Plato merupakan filsuf sohor sejak era klasik di Yunani. Baginya, logika telah jadi bagian penting dalam kehidupan, dan ia telah berhasil memengaruhi sejarah pemikiran di muka bumi.

Pada 399 SM, setelah Socrates dihukum mati, Plato meninggalkan Athena. Diyakini bahwa ia bepergian secara ekstensif selama periode ini dan kembali 12 tahun kemudian, yakni pada tahun 387 SM.

Sekembalinya ke Athena, ia diperkirakan oleh sejarawan telah membangun sebuah sekolah filsafat yang menjadi rumah bagi lahirnya ilmu pengetahuan di sana.

"Tidak ada catatan waktu spesifik bahwa sekolah Plato didirikan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu sekitar pertengahan 380-an SM," tulis Saugat Adikhari kepada Ancient History List.

Adikhari menulisnya dalam artikel yang berjudul Top 12 Contributions of Plato yang dipublikasikan pada 25 Juni 2019.

"Akademia atau Akademi didirikan di luar batas kota Athena tua dan menawarkan berbagai mata pelajaran yang diajarkan oleh para ahli di bidangnya," tambahnya.

Akademi dianggap sebagai perguruan tinggi utama di Eropa dan menarik para sarjana seperti Eudoxus dari Cnidus dan Theaetetus, keduanya ahli matematika, dan Aristoteles, sang filsuf.

Plato tahu bahwa pendirian seperti itu akan mendorong kemajuan sosial dan pemerintahan yang semakin stabil, dan dia memimpin Akademi sampai kematiannya pada 347 SM.

Plato memainkan peran penting dalam mendorong kaum intelektual Yunani untuk menganggap sains sebagai teori. Akademinya mengajarkan aritmatika sebagai bagian dari filsafat, seperti yang telah dilakukan Pythagoras.

Beberapa filsafat yang diajarkan dari Akademia adalah salah satu pemikiran itentik dari Socrates yang merupakan pendiri Filsafat Barat.

Semasa hidupnya, Socrates tidak pernah menuliskan pemikiran-pemikirannya yang cemerlang kecuali dicatat dengan rapi oleh para muridnya: Xenophon dan Plato.

Simposium Plato, oleh Anselm Feuerbach (1829-1880). (Greek Reporter)