Aturan-Aturan Laut dan Kebudayaan Bahari Masyarakat Sriwijaya

By Galih Pranata, Minggu, 3 April 2022 | 17:26 WIB
Kanal kuno peninggalan zaman Kerajaan Sriwijaya menjadi bagian dalam pertunjukan teatrikal Pelayaran (Editor)

Nationalgeographic.co.id—Para penutur bahasa Austronesia adalah pemula bagi kebaharian Nusantara sejak era purba. Mereka dianggap telah menciptakan perahu-perahu yang kuat untuk berlayar.

"Mereka telah digambarkan di dinding gua-gua purba, termasuk Gua Muna di Sulawesi Tenggara. Diperkirakan bahwa mereka pernah berlayar jauh hingga ke Madagaskar," ungkap Bambang Budi Utomo, seorang Arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional.

Bambang menuturkan dalam Webinar: Kapal Nusantara dan Muatannya, yang diselenggarakan oleh Sahabat Cagar Budaya.

Kemampuan bangsa Austronesia telah mengakar pada keberlanjutan kehidupan di Nusantara. 

Menurut Bambang, diaspora bangsa Austronesia menciptakan budaya kebaharian di Nusantara, di mana masyarakatnya mampu berlayar dan menciptakan perahunya sendiri. Sriwijaya adalah bukti, salah satu kerajaan Maritim terbesar di Nusantara

Kemampuan membuat perahu meningkat ketika mengalami akulturasi pengaruh dari India. Dari komunitas kelautan ini muncul dorongan untuk membangun peradaban lewat kerajaan-kerajaan bercorak keagamaan.

Kebudayaan maritim di Sriwijaya membuat mereka memahami tentang kondisi geografis dan iklim laut yang telah akrab dengan aktivitas masyarakatnya.

"Bahkan, banyak kapal Eropa yang karam bersama kargonya karena diduga tidak hafal dengan cuaca perairan di Nusantara," jelasnya.

Orang-orang di Sriwijaya memang terkenal dengan kemampuan berlautnya yang mumpuni, meskipun belum diketahui pasti dari mana asal usulnya. 

"Ada banyak teori tentang asal-usul orang Sriwijaya. Ada yang mengatakan berasal dari pulau Sumatra, Kalimantan, demikian juga Semenanjung Melayu," sebuah sumber yang dikeluarkan oleh komunitas Sahabat Cagar Budaya, berjudul Sriwijaya: Kerajaan di Bawah Angin.

Prof. Soekmono memperkirakan mereka berasal dari Riau, Prof. Muhammad Yamin memperkirakan dari Sumatra Barat, ada juga yang menduga berasal dari Vietnam.

Salah satu suku yang telah ada sejak zaman Sriwijaya ialah suku Bajo atau yang dikenal dengan Ameng Sewang. Mereka dipercaya sebagai kekuatan laut Sriwijaya. Mereka memilih komandan perang dari kelompok mereka juga.