Puasa Secara Berkala Baik Untuk Jantung dan Menurunkan Kolesterol

By Ricky Jenihansen, Rabu, 6 April 2022 | 11:00 WIB
Puasa telah lama dikaitkan dengan ritual keagamaan, tapi belakangan, ada banyak bukti ilmiah memberikan bukti manfaat kesehatan dari berpuasa. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Puasa telah lama dikaitkan dengan ritual keagamaan, diet, dan protes politik. Tapi belakangan, ada banyak bukti ilmiah memberikan bukti manfaat kesehatan dari berpuasa. Penelitian dari para peneliti jantung di Intermountain Medical Center Heart Institute telah menambahkan bukti manfaat kesehatan dari puasa.

Seperti diketahui, telah diketahui sebelumnya bahwa puasa rutin secara berkala dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes. Sekarang, bukti baru menunjukan bahwa puasa berkala secara rutin ternyata juga menyebabkan perubahan signifikan pada kadar kolesterol dan baik untuk jantung.

Dr. Benjamin D. Horne, PhD, MPH, peneliti utama studi tersebut mengatakan bahwa penelitian mereka mengungkapkan hubungan antara puasa dan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Kolesterol tinggi telah diketahui merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner bersama dengan trigliserida, kegemukan dan kadar gula darah tinggi.

Dari hasil penelitian ini, para peneliti dapat membuktikan bahwa uasa dapat menyebabkan perubahan signifikan pada semua faktor risiko tersebut. Dan artinya puasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner secara keseluruhan dan baik untuk kesehatan jika dijadikan gaya hidup.

Horne, yang juga merupakan direktur epidemiologi kardiovaskular dan genetik di Intermountain Medical Center Heart Institute mengatakan bahwa penemuan mereka bukanlah sebuah peristiwa kebetulan. Temuan tersebut telah dipresentasikan pada sesi ilmiah tahunan American College of Cardiology.

"Konfirmasi di antara sekelompok pasien baru bahwa puasa dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari penyakit umum ini menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana puasa itu sendiri mengurangi risiko atau jika itu hanya menunjukkan gaya hidup sehat," kata Horne dalam rilis intermountain Healthcare.

Berbeda dengan penelitian tim sebelumnya, penelitian kali ini mencatat reaksi mekanisme biologis tubuh selama puasa. Kolesterol lipoprotein densitas rendah peserta (LDL-C, kolesterol "jahat") dan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C, kolesterol "baik"). Keduanya meningkat masing-masing sebesar 14 persen dan 6 persen, meningkatkan kolesterol total dan mengejutkan para peneliti.

  

Baca Juga: Kurma, Buah Kesukaan Nabi Muhammad yang Memiliki Banyak Manfaat

Baca Juga: Penelitian Terbaru, Puasa Membantu Menangkal Infeksi Bakteri

Baca Juga: Air Zamzam Telah Digunakan 4.000 Tahun Lebih Tapi Kenapa Tidak Habis?