Mengintip Karya Para Pemenang Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition

By Yussy Maulia, Rabu, 6 April 2022 | 16:31 WIB
Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition sukses digelar pada 11 Februari hingga 11 Maret 2022. (Dok. realme Indonesia)

 

Nationalgeographic.co.id – Kompetisi Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition sukses digelar. Kompetisi yang berlangsung mulai tanggal 11 Februari hingga 11 Maret 2022 ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition merupakan kompetisi foto yang digelar oleh realme Indonesia bersama National Geographic Indonesia.

Mengusung tema “Capture The Unique Lights in Indonesia”, kompetisi ini menantang masyarakat untuk mengabadikan keragaman wisata alam dan budaya Indonesia yang memiliki keunikan cahaya dari barat hingga timur Indonesia.

Berbeda dari kompetisi foto pada umumnya, Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition menantang masyarakat untuk memotret menggunakan smartphone. Selain itu, foto yang diambil harus disertai latar cahaya yang temaram atau low-light.

Baca Juga: Mengintip Perjalanan Menangkap Api Abadi di Kayangan Api Bojonegoro

Kompetisi tersebut digelar secara online melalui Instagram @natgeoindonesia. Peserta diwajibkan mengunggah karya di akun Instagram pribadi, serta menceritakan kisah di balik foto tersebut melalui caption.

Tim National Geographic Indonesia pun memilih 50 karya yang terverifikasi sesuai dengan syarat dan ketentuan kompetisi. Dari 50 karya yang terpilih, masing-masing juri menyeleksi 10 karya terbaik.

Sebagai informasi, ada tiga juri yang menyeleksi foto para peserta kompetisi Nawa Cahaya: Capture The Light Photo Competition, yaitu Editor in Chief National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim, traveler sekaligus fotografer profesional Barry Kusuma, dan Creative Director realme Indonesia Madani.

Adapun penilaian foto didasarkan pada tiga kriteria, yaitu kesesuaian foto dengan tema, konsep dan ide yang diusung pada karya foto, serta teknik foto, seperti komposisi, sudut pandang, dan ketajaman.

Baca Juga: Menyambut Sunset di Pulau Weh, Surga Kecil di Ujung Barat Nusantara

Selain penilaian oleh dewan juri, penilaian karya juga didasarkan pada jumlah likes pada foto yang diunggah, serta jumlah votes pada babak voting yang digelar melalui Instagram Story @natgeoindonesia. Bobot penilaian dari audiens sebesar 20 persen.

Setelah melalui proses penilaian yang panjang, akhirnya juri pun menetapkan tiga pemenang utama dan satu pemenang favorit melalui Instagram @natgeoindonesia, Senin (28/3/2022).