Hubble Menjelajahi Cuaca Ekstrem di 'Jupiter yang Sangat Panas'

By Wawan Setiawan, Sabtu, 9 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Jupiter super panas, KELT-20b, yang terletak sekitar 400 tahun cahaya jauhnya. (NASA, ESA, Leah Hustak (STScI))

Nationalgeographic.co.id - Dalam mempelajari kelas unik dari ‘eksoplanet ultra-panas’, astronom Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA mungkin berminat untuk menari mengikuti lagu pesta Calypso "Hot, Hot, Hot." Itu karena dunia seukuran Jupiter yang membengkak ini sangat dekat dengan bintang induknya sehingga mereka dipanggang pada suhu mendidih di atas 3.000 derajat Fahrenheit. Itu cukup panas untuk menguapkan sebagian besar logam, termasuk titanium. Ini juga menyebabkan mereka memiliki atmosfer planet terpanas yang pernah dilihat.

Dalam dua makalah baru, tim astronom Hubble telah melaporkan kondisi cuaca yang aneh di dunia yang mendesis ini. Ada hujan batu yang menguap di satu planet, dan di planet lain atmosfer atasnya menjadi lebih panas daripada lebih dingin karena "terbakar matahari" oleh radiasi ultraviolet (UV) yang intens dari bintangnya.

Penelitian ini lebih dari sekadar menemukan atmosfer planet yang aneh dan unik. Mempelajari cuaca ekstrem memberi para astronom wawasan yang lebih baik tentang keragaman, kompleksitas, dan kimia eksotis yang terjadi di dunia yang sangat jauh di seluruh galaksi kita.

"Kami masih belum memiliki pemahaman yang baik tentang cuaca di lingkungan planet yang berbeda," tutur David Sing dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, anggota tim penulis pada dua penelitian yang dilaporkan Tech Explorist. "Ketika Anda melihat Bumi, semua prediksi cuaca kami masih disesuaikan dengan apa yang dapat kami ukur. Tetapi ketika Anda pergi ke planet ekstrasurya yang jauh, Anda memiliki kekuatan prediksi yang terbatas karena Anda belum membangun teori umum tentang bagaimana segala sesuatu di atmosfer berjalan bersama dan merespons kondisi yang ekstrem. Meskipun Anda mengetahui kimia dan fisika dasar, Anda tidak tahu bagaimana itu akan terwujud dalam cara yang kompleks," imbuhnya.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Nature pada 6 April 2022 berjudul "UV absorption by silicate cloud precursors in ultra-hot Jupiter WASP-178b", para astronom menggambarkan pengamatan Hubble terhadap WASP-178b, yang terletak sekitar 1.300 tahun cahaya jauhnya.

Di sisi siang hari atmosfer tidak berawan, dan diperkaya dengan gas silikon monoksida. Karena satu sisi planet ini secara permanen menghadap bintangnya, maka atmosfer terik berputar ke sisi malam hari dengan kecepatan badai super melebihi 2.000 mil per jam. Di sisi gelap, silikon monoksida mungkin cukup dingin untuk mengembun menjadi batu yang mengeluarkan hujan dari awan, tetapi bahkan saat fajar dan senja, planet ini cukup panas untuk menguapkan batu. "Kami tahu kami telah melihat sesuatu yang sangat menarik dengan fitur silikon monoksida ini," kata Josh Lothringer dari Utah Valley University di Orem, Utah.

Ilustrasi WASP-19b, di mana astronom atmosfer mendeteksi titanium oksida untuk pertama kalinya. Atmosfer WASP-19b diperkirakan memiliki suhu sekitar 2.000 derajat Celcius. (M. Kornmesser / ESO)

Sedangkan makalah lainnya yang diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters edisi 24 Januari 2022 berjudul "Strong H2O and CO Emission Features in the Spectrum of KELT-20b Driven by Stellar UV Irradiation", Guangwei Fu dari University of Maryland, College Park, melaporkan Jupiter super panas, KELT-20b, yang terletak sekitar 400 tahun cahaya jauhnya.

Di planet ini, ledakan sinar ultraviolet dari bintang induknya menciptakan lapisan termal di atmosfer, seperti stratosfer Bumi. "Sampai sekarang kami tidak pernah tahu bagaimana bintang induk memengaruhi atmosfer planet secara langsung. Ada banyak teori, tetapi sekarang kami memiliki data pengamatan pertama," kata Fu.

 Baca Juga: Eksoplanet yang Punya Atmosfer Berlapis seperti Bumi Ditemukan

 Baca Juga: Lagi, Satelit Kepler Temukan Planet Ekstrasurya Kembaran Bumi

 Baca Juga: Astronom Mengukur Jumlah Karbon dan Oksigen di Atmosfer Jupiter Panas